detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 25 Mar 2020 13:30 WIB

Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda, BOPI: Keputusan Tepat

Randy Prasatya - detikSport
Olimpiade Jepang 2020 tinggal menyisakan 123 hari lagi. Namun ajang olahraga terbesar di dunia itu terancam batal akibat wabah corona yang menjadi pandemi global. BOPI mendukung keputusan menunda Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: AP/Jae C. Hong)
Jakarta -

Olimpiade Tokyo 2020 ditunda ke 2021 demi antisipasi penyebaran virus Corona. Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) menyebut ini keputusan tepat.

Pandemi virus Corona telah membuat dunia penuh waspada. Berbagai event besar terpaksa dihentikan bahkan ditunda perhelatannya demi meredam penyebaran.

Olimpiade Tokyo 2020 menjadi salah satu event yang terdampak. Ajang multi-event olahraga terbesar di dunia itu akhirnya harus diundur, yang semula rencana digelar pada 24 Juli-9 Agustus.

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, mengusulkan penundaan satu tahun untuk Olimpiade Tokyo 2020. Keputusan diambil setelah diskusi dengan presiden International Olympic Committee (IOC), Thomas Bach. BOPI mengapresiasi keputusan ini.

"Keputusan bersama Pemerintah Jepang, IOC dan Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 tanggal 24 Maret 2020 untuk menunda Olimpiade musim panas tahun ini adalah sebuah keputusan yang tepat," kata Ketua BOPI, Richard Sam Bera, dalam keterangan pers.

"Saat ini, prioritas utama seluruh pemerintahan di dunia adalah keselamatan semua orang dari ancaman penyebaran virus Corona Covid-19, yang masih akan berlanjut beberapa bulan ke depan, bahkan mungkin sampai akhir tahun 2020 ini."

Richard juga tak menampik jika penundaan ini ada menimbulkan rasa kecewa. Usaha beberapa cabang olahraga yang sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari menjadi sia-sia.

"Di satu sisi, penundaan ini sangat mengecewakan bagi ribuan atlet, pelatih dan staf yang telah mempersiapkan diri selama beberapa tahun terakhir, termasuk para atlet, pelatih, dan staf Indonesia. Akan tetapi di sisi lain, untuk para korban dan keluarga korban yang terkena dampak langsung dari virus Corona ini, tentunya lebih menyakitkan," Richard melanjutkan.

"Mudah-mudahan pandemi virus Corona ini akan cepat berlalu dan dunia bisa kembali beraktivitas seperti biasa dalam waktu dekat. Saya tidak sabar menunggu tahun 2021 di mana seluruh atlet, pelatih dan ofisial dari seluruh dunia dapat berkumpul di Tokyo dalam suasana yang lebih tenang dan lebih menggembirakan, sehingga dapat kembali menginspirasi kita semua."



Simak Video "Olimpiade Tokyo 2020 Resmi Ditunda Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com