detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 02 Apr 2020 17:39 WIB

Siman Sudartawa: Gaji Pelatda Dipangkas, Sponsor pun Tak Ada

Mercy Raya - detikSport
Perenang I Gede Siman Sudartawa tampil sebagai jawara di Festival Akuatik Indonesia (FAI) 2019. Namun, catatan waktunya masih jauh dari rekor terbaiknya. Siman Sudartawa: Gaji Pelatda Dipangkas, Sponsor pun Tak Ada. (Foto: Mercy Raya/detikSport)
Jakarta -

Muncul kabar gaji atlet pemusatan latihan daerah DKI Jakarta khusus cabor renang dipangkas. Perenang nasional I Gede Siman Sudartawa ikut merasakan.

Siman Sudartawa mengetahui adanya pemangkasan tersebut dari rekan sesama atlet DKI, yang mengatakan adanya pemangkasan dengan nilai sampai Rp 1 juta.

"Mulai kapan (dipangkasnya) saya tidak tahu karena ATM dipegang orang tua. Saya dikabari teman. Dia bilang gajinya dipotong. Dari Rp 8 sekian, menjadi Rp 7 juta, dan pelatih (Felix C. Sutanto) membenarkan," kata Siman kepada detikSport, Kamis (2/4/2020).

Bagi Olimpian ini, pemotongan gaji cukup menyulitkan. Terlebih, uang saku pelatnas juga tak ada. Sampai kini PB PRSI belum menandatangani nota kesepahaman dengan Kemenpora, sehingga uang saku atlet pelatnas khususnya proyeksi Olimpiade belum cair.

"Selain itu, saya juga sponsor tidak ada. Sebenarnya ada yang menawarkan, tapi buat persiapan Olimpiade. Tapi ajangnya kan diundur," ujarnya.

Peraih medali emas SEA Games 2019 ini mengemukakan sekarang dirinya mengandalkan uang tabungan dan gaji pelatda yang sudah kena pangkas itu.

"Ya, mau tak mau mengandalkan uang bonus kemarin, kan lumayan. Sama uang tabungan dan gaji dari DKI itu," katanya.

"Apalagi saya juga sedang bangun rumah di Bali jadi cukup berasa juga dan memang harus irit," tutur Siman.



Simak Video "This or That, Siman Pilih Nikita Mirzani atau Nikita Willy?"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com