detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 15 Apr 2020 20:25 WIB

Jika PON Papua Ditunda, Kapan Waktu yang Tepat Menggelarnya?

Mercy Raya - detikSport
Stadion Papua Bangkit sudah siap digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Seperti apa suasananya? Jika PON Papua Ditunda, Kapan Waktu yang Tepat Menggelarnya? (Foto: Adhi Indra Prasetya)
Jakarta -

Ada kemungkinan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua ditunda. Jika demikian, kapan waktu tepat untuk menggelarnya mengingat tahun depan ada banyak agenda olahraga di Indonesia, menyusul penundaan berbagai kegiatan akibat virus corona?

Sejumlah pihak sudah mendesak agar PON 2020 ditunda penyelenggaraannya. Mulai dari Komisi X, KONI Pusat, Panitia Besar PON, hingga federasi cabang olahraga.

Desakan itu didasari pertimbangan bahwa pandemi COVID-19 yang belum juga reda sehingga telah mempengaruhi pengerjaan dan persiapan kegiatan PON di Papua.

Namun, sejauh ini belum ada keputusan resmi apakah hajatan multicabang olahraga tingkat nasional itu bakal ditunda atau dilanjutkan sesuai jadwal. Menpora Zainudin Amali mengatakan, hal itu akan diputuskan dalam rapat kabinet dengan Presiden RI Joko Widodo.

Jika pun ditunda, sebut Amali, Kemenpora telah menyiapkan sejumlah data yang dirangkum dari masukan stakeholder olahraga. Salah satunya, soal waktu yang tepat untuk menyelenggarakan PON.

"Idealnya Oktober 2021 karena bulan-bulan lainnya terisi," kata Amali kepada pewarta lewat aplikasi Zoom, Rabu (15/4/2020).

"Misalnya, April itu akan ada puasa dan lebaran. Sementara Mei-Juni ada Piala Dunia U-20. Kemudian Juli-Agustus persiapan Olimpiade, sedangkan September kalau memungkinkan kegiatan dalam negeri ada Hari Olahraga Nasional, dan November itu SEA Games Vietnam. Jadi ancang-ancang kami jika dicocokan dengan KONI Pusat ya Oktober."

"Tapi soal tanggal belum bisa dipastikan. Masih tergantung dengan meredanya masalah covid ini," beber menteri asal Gorontalo ini.

Bagaimana dengan kans PON tetap digelar sesuai jadwal saat ini? "Ya, jika tetap digelar tentu berat. Intinya, mohon bersabar dalam waktu yang tidak lama ini segera ada keputusan dari pemerintah, tentang posisi dari penyelenggaraan PON itu sendiri."



Simak Video "Persib-Bali United Siap Disanksi Jika Bawa Suporter di Piala Menpora"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com