detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 15 Apr 2020 21:24 WIB

Cerita Emilia Nova Latihan di Rumah Sejak PSBB

Mercy Raya - detikSport
pelari gawang Emilia Nova Cerita Emilia Nova Latihan di Rumah Sejak PSBB. (Foto: Adhi Prasetya)
Jakarta -

Atlet nasional Emilia Nova harus berlatih di rumah selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), setelah Pusat Pengelolaan Kompleks GBK (PPK GBK) menutup akses gedung olahraga.

Akibat wabah virus corona, DKI Jakarta mulai menerapkan PSBB sejak hari Jumat (10/4/2020). Tujuannya untuk menekan penyebaran penyakit COVID-19.

Menyikapi imbauan itu, PPK GBK pun menutup gedung-gedung olahraganya yang bersifat indoor. Sementara, kawasan ring road tetap dibuka, namun dibatasi waktunya. Situasi itu rupanya ikut mempengaruhi program latihan pelari gawang Emilia.

"Waktu belum ada PSBB saya masih latihan di Stadion Madya. Kadang berdua, bertiga. Masuk area GBK juga di tes suhu tubuh, tidak boleh berdekatan," kata Emil kepada pewarta melalui sambungan telepon, Rabu (15/4/2020).

"Tapi sekarang tidak bisa lagi semenjak PSBB, sudah ditutup. Jadi lebih banyak latihan di rumah, sehari sekali skipping sama lari yang ditarik pakai karet gitu. Pokoknya lebih jaga kondisi saja karena lari di rumah susah," sambungnya.

Peraih medali emas SEA Games 2019 Filipina ini juga kesulitan lantaran area kediamannya tidak terlalu luas. Tak kehabisan akal, ia pun memilih menu latihan yang mengakomodir situasi dan kondisinya.

"Kalau di rumah tempatnya sempit pasti susah geraknya. Jadi cari latihan yang bisa menyesuaikan tempat. Misalnya, seperti latihan plank, core buat otot perut. Nah, kalau lari saya biasanya pakai tarik karet, skipping. Pokoknya sebisa mungkin supaya bisa bergerak tiap harinya," ucap Emil menjelaskan.

Selain itu, ia pun terus mengatur pola makan, menghitung berapa kalori yang keluar dan berapa jumlah yang dimakan. "Jadi harus sesuai."

"Ya mudah-mudahan saja cepat selesai biar kondusif lagi, dan mudah-mudahan dengan adanya peraturan ini semoga Covid bisa menurun," harapnya.



Simak Video "Ada 258 Kasus Baru di Jakarta Jelang Berakhirnya PSBB Transisi"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com