detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 16 Apr 2020 20:24 WIB

Kualifikasi Olimpiade Diperpanjang Hingga 29 Juni 2021

Mercy Raya - detikSport
Japanese Government And IOC Agree To Postpone Olympic Games
TOKYO, JAPAN - MARCH 25: A man passes an advert for the Tokyo 2020 Olympics on March 25, 2020 in Tokyo, Japan. Following yesterdays announcement that the Tokyo 2020 Olympics will be postponed to 2021 because of the ongoing Covid-19 coronavirus pandemic, IOC officials have said they hope to confirm a new Olympics date as soon as possible. (Photo by Carl Court/Getty Images) Kualifikasi Olimpiade Diperpanjang Hingga 29 Juni 2021 (Carl Court/Getty Images)
Jakarta -

International Olympic Committee (IOC) memperpanjang periodesasi kualifikasi Olimpiade sampai 29 Juni 2021 dan entry by name atlet sampai 5 Juli mendatang.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Ferry Kono, usai menerima surat edaran dari IOC terkait petunjuk teknis berkaitan multievent empat tahunan tersebut. Dalam Juknis tersebut terutama poin 9 dan 10, IOC membahas batas waktu terbaru dan periode kualifikasi.

"Entry by name atlet yang lolos ditutup 3 minggu sebelum opening ceremony. Menyesuaikan dengan perubahan jadwal Olimpiade maka penutupan final entry by name paling lambat 5 Juli 2021. Sementara, periode kualifikasi mungkin akan diperpanjang sampai 29 Juni 2021," tulis IOC dalam surat resminya.



Menyikapi kebijakan itu, Ferry mengimbau agar cabor lebih intensif berkomunikasi dengan federasi internasional masing-masing demi meloloskan lebih banyak atlet ke Olimpiade 2020 di 2021 mendatang.

"Hasil komunikasi federasi internasional ini dengan KOI sangat penting karena dapat membantu melakukan langkah-langkah komunikasi formal dengan membuka peluang lebih banyak atlet Indonesia yang berlaga di Olimpiade," kata Ferry dalam rilis yang diterima detikSport, Kamis (16/4/2020).

Terkait alokasi kuota, sebut Ferry, IOC telah memastikan atlet yang sudah mendapatkan tiket ke Olimpiade 2020 sebelum penundaan tetap aman.



Sejauh ini, 57 persen dari total kuota atlet telah dialokasikan dan ada sekitar 5.000 kuota atlet yang masih diperebutkan sampai periode kualifikasi berakhir pada 29 Juni 2021.

IOC mengakui sensitivitas keputusan tersebut sehingga perlu untuk melindungi atlet yang sebelumnya hampir memenuhi syarat berdasarkan batas waktu 2020.

Jika ada atlet yang melewati kriteria batas usia dengan adanya penundaan Olimpiade 2020, maka federasi internasional bisa memperpanjang persyaratan tersebut.

"Pengecualian hanya diberikan jika terkait alasan keselamatan dan kesehatan selama masa penundaan dan diserahkan ke masing-masing federasi internasional," katanya.



Simak Video "Kevin/Marcus Lolos ke Olimpiade 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com