detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 17 Apr 2020 17:10 WIB

Begini Kata Menpora Tentang Sosok Mendiang Lukman Niode

Bayu Baskoro - detikSport
Mantan atlet renang nasional, Lukman Niode Lukman Niode (kanan) meninggal dunia di usia ke-56 tahun. (Foto: Ist.)
Jakarta -

Mantan atlet renang nasional, Lukman Niode, meninggal dunia. Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia (Menpora), Zainudin Amali, ikut sampaikan belasungkawa.

Lukman tutup usia di Rumah Sakit Pelni, Jakarta Barat, pada Jumat (17/4/2020). Ia mengembuskan napas terakhir di usia yang ke-56 tahun akibat mengalami masalah pada paru-parunya.

Kabar duka tersebut disampaikan langsung melalui pernyataan resmi dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Ketua Umum KONI, Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman, turut mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Lukman.

Ucapan duka turut datang dari Menpora. Menurutnya, Lukman merupakan sosok yang telah banyak mengabdi untuk olahraga Indonesia.

Ketika masih aktif sebagai atlet renang nasional, Lukman sukses menorehkan berbagai prestasi membanggakan. Ia pernah meraih dua medali emas nomor punggung 100m dan 200m putra SEA Games 1983 di Singapura, serta menjadi salah satu kontestan di Olimpiade Los Angeles 1984.

Kehidupan Lukman selepas memutuskan pensiun sebagai atlet juga tak jauh-jauh dari olahraga. Ia tercatat aktif di KONI sebagai Wakil IV Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Pusat.

"Sebagai pribadi mau pun sebagai Menpora RI, saya sangat berduka atas berpulangnya sahabat baik saya Lukman Niode. Sebagian besar hidupnya didedikasikan untuk olahraga," kata Zainudin kepada wartawan.

"Pengabdiannya luar biasa, baik ketika masih menjadi atlet mau pun menjadi pengurus olahraga. Almarhum telah menorehkan berbagai prestasi, baik di dalam negeri mau pun luar negeri, untuk cabor renang," ujarnya.



Simak Video "Eks Menpora Imam Nahrawi Dituntut 10 Tahun Penjara"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com