detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 19 Apr 2020 05:00 WIB

'Olimpiade Sulit Dilaksanakan Jika Vaksin Corona Tak Kunjung Ditemukan'

Adhi Prasetya - detikSport
TOKYO, JAPAN - MARCH 25: A boat sails past the Tokyo 2020 Olympic Rings on March 25, 2020 in Tokyo, Japan. Following yesterdays announcement that the Tokyo 2020 Olympics will be postponed to 2021 because of the ongoing Covid-19 coronavirus pandemic, IOC officials have said they hope to confirm a new Olympics date as soon as possible. (Photo by Carl Court/Getty Images) Olimpiade ditunda sampai tahun 2021. Foto: Getty Images/Carl Court
Jakarta -

Olimpiade Tokyo 2020 ditunda hingga tahun depan karena pandemi virus Corona. Namun ahli kesehatan meragukan ajang empat tahunan itu bisa digelar jika vaksin COVID-19 belum ditemukan.

Pernyataan itu muncul dari Profesor Devi Sridhar selaku Kepala Kesehatan Global dari Universitas Edinburgh, Skotlandia. Jika penelitian vaksin Corona berjalan lambat, maka pelaksanaan Olimpiade bisa terancam, mengingat ajang tersebut melibatkan ribuan orang.

"Kita semua sudah mendengar dari para ilmuwan bahwa vaksin (Corona) mungkin segera ditemukan. Saya pikir akan memakan waktu 1-1,5 tahun tapi yang sudah kita dengar, bisa saja lebih cepat," kata Profesor Sridhar, dikutip BBC.

"Jika tahun depan kita berhasil mendapat vaksinnya, maka saya pikir pelaksanaan Olimpiade adalah terwujud. Vaksin itu akan mengubah semuanya, tapi harus vaksin yang terbukti efektif, terjangkau, dan mudah didapat."

"Jika tak ada terobosan sains, maka rasanya tak realistis mengadakan Olimpiade."

"Saya pikir sudah tepat saat Olimpiade dimundurkan setahun dan dilakukan evaluasi ulang," sambungnya.

Virus corona sudah menyerang lebih dari 2,2 juta orang, di mana lebih dari 156 ribu orang meninggal. Meski begitu, sudah ada 576 ribu orang yang sembuh.

Olimpiade Tokyo sendiri telah dijadwal ulang dan rencananya akan digelar pada 23 Juli - 8 Agustus 2021.



Simak Video "Geger Corona, Bagaimana Nasib Kontingen RI Untuk Olimpiade Tokyo? "
[Gambas:Video 20detik]
(adp/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com