detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 21 Apr 2020 16:29 WIB

Kartini-Kartini Indonesia dari Dunia Olahraga

Mercy Raya - detikSport
Greysia Polii salah satu Kartini di masa kini. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna) Greysia Polii salah satu Kartini di masa kini. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

Tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Di dunia olahraga saat ini, ada berapa Kartini-Kartini baru. Siapa saja?

Di tanggal tersebut Raden Ajeng Kartini lahir dan memberi perubahan dalam hal kesetaraan gender. Berkat jasa Kartini, banyak perempuan mendapatkan hak yang sama di berbagai bidang.

Khusus olahraga, detikSport merangkum beberapa Kartini masa kini. Mereka tak hanya aktif di dunia olahraga tapi juga berprestasi di berbagai level, baik Asia Tenggara, Asia, hingga dunia. Di lingkup sosial, mereka juga aktif dan peduli bagi masyarakat korban pandemi corona.

Berikut nama-namanya :

1. Greysia Polii

Greysia merupakan atlet pelatnas yang sudah malang melintang di dunia perbulutangkisan. Berusia 32 tahun, Greysia telah mempersembahkan banyak gelar juara untuk Indonesia.

Teranyar, Greysia bersama Apriyani Rahayu menjadi juara di SEA Games 2019 Manila di Manila, Filipina, untuk pertama kali sejak 2007.

Atlet spesialis ganda putri ini juga sudah kali ketiga lolos Olimpiade dengan partner yang berbeda. Pertama dengan Meilana Jauhari pada Olimpiade London 2012, bersama Nitya Krisinda Maheswari 2016, dan Apriyani Rahayu Olimpiade Tokyo yang ditunda hingga tahun depan.

Tak hanya dalam dunia olahraga, Greysia juga ikut aktif dalam penggalangan dana sosial demi membantu korban wabah virus corona.

Bersama kawan atlet lainnya di Pelatnas Cipayung, Greysia menyiapkan 500 paket untuk pengemudi, ojek online, pedagang asongan, hingga tukang parkir.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com