detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 23 Apr 2020 13:15 WIB

Menpora Jelaskan Alasan Penundaan PON Papua ke Oktober 2021

Mercy Raya - detikSport
Stadion Papua Bangkit sudah siap digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Seperti apa suasananya? Menpora Jelaskan Alasan Penundaan PON Papua ke Oktober 2021. (Foto: Adhi Indra Prasetya)
Jakarta -

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali membeberkan alasan pemilihan Oktober 2021 sebagai jadwal baru Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua.

PON Papua sejatinya akan bergulir 20 Oktober sampai 2 November 2020. Namun, muncul masukan dan saran dari sejumlah elemen stakeholder olahraga untuk menunda perhelatan tersebut.

Hal itu tidak lepas dari wabah virus corona yang kian meluas di Indonesia. Pandemi COVID-19 ini pun ikut mempengaruhi persiapan PON 2020.

Merespons hal itu, Presiden RI Joko Widodo bersama Menpora Zainudin Amali memutuskan untuk menunda PON 2020 ke Oktober tahun depan. Alasan bulan itu dipilih karena belum ada agenda olahraga yang akan digelar.

"Bisa kita lihat kegiatan yang akan dilakukan pada tahun 2021, cukup banyak. Mulai April kita sudah ada kegiatan, Mei-Juni ada Piala Dunia U-20, Juli ada Asian School Games, kemudian ada Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo yang tadinya 2020 jadi Juli-Agustus 2021," kata Menpora, Kamis (23/4/2020).

"Lalu ada Islamic Solidarity Games, ada Hari Olahraga Nasional, kemudian World Beach Games walau belum ada keputusan, ada Popnas dan Peparnas. Dengan demikian, waktu yang ada adalah Oktober, maka kami usulkan untuk pelaksanaan PON dan Peparnas di bulan itu."

"Selain itu, ada Asian Youth Games, ada MotoGP Mandalika setelah SEA Games juga ada Asian Para Games. Jadi waktu yang tepat adalah bulan Oktober 2021," tuturnya.

Menpora sekaligus menjelaskan bahwa pemilihan Oktober 2021 ini juga merupakan masukan dari KONI Daerah melalui KONI Pusat, serta hampir seluruh cabang olahraga.



Simak Video "Eks Menpora Imam Nahrawi Dituntut 10 Tahun Penjara"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com