detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 25 Apr 2020 21:20 WIB

Kisah Pesilat Hanifan yang Terpisah dari Istrinya Imbas Corona

Mercy Raya - detikSport
Hanifan Sumbang Emas Untuk Indonesia

Pesilat putra asal Indonesia Hanifan Yudani Kusumah berhadapan dengan pesilat asal Vietnam Thai Linh Nguyen pada final kelas 55-6o kilogran putra dalam ajang Asian Games 2018, Jakarta, Rabu (29/8/2018) . Hanifan berhasil mengalahkan pesilat asal Vietnam dan berhak atas medali emas. Hanifan Yudani Kusumah harus LDR dengan istri karena virus corona. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

Pesilat nasional Hanifan Yudani Kusumah terpaksa terpisah dari istrinya, Pipit Kamelia. Mereka harus menjalani LDR karena pandemi virus Corona.

Hanifan dan Pipit saat ini berada di daerah yang berbeda. Satu di Jakarta, satu di Jawa Barat. Mereka berpisah untuk sementara waktu karena persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua.

PON sendiri sudah dipastikan mundur ke Oktober 2021, dari semula dijadwalkan berlangsung tahun ini. Tapi, keduanya belum bisa berkumpul lagi lantaran mereka masih harus berlatih di rumah masing-masing.

Kondisi itu juga didukung adanya pembatasan sosial berskala besar di sejumlah daerah akibat pandemi COVID-19, termasuk Jakarta.

"Ya, mungkin ini adalah salah satu perjuangan saya. Bagaimana menentukan perjuangan dalam hidup ini, harus punya sejarah untuk diceritakan ke anak-anak saya kelak. Jadi kami Long Distance Relationship (LDR) dulu dengan adanya pandemi ini," kata Hanifan dalam acara bincang santai bersama Menpora, pada Sabtu (25/4/2020) melalui Live Instagram.

"Tapi di luar itu, kami juga harus bertanggung jawab dengan daerah masing-masing. Jadi saya bela Jawa barat, Pipit membela DKI Jakarta," lanjutnya.

Membela daerah yang berbeda bukan tak mungkin memunculkan gengsi satu sama lain. Namun, keduanya memastikan tak akan berselisih meskipun salah satunya lebih baik.

"Insyaallah tak berantem," kata Pipit dalam kesempatan yang sama.

Menurut rencana, Hanifan dan Pipit akan turun di kelas 60-65 kg kategori putra dan kategori putri.



Simak Video "Saat Anak-anak Disabilitas Semangat Berlatih Pencak Silat"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com