detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 12 Mei 2020 11:05 WIB

Sean Gelael 'Silaturahmi' Lewat Balapan Virtual

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Sean Gelael Sean Gelael ikut balapan virtual demi mengobati rasa kangen (dok.Sean Gelael)
Jakarta -

Sean Gelael tak bisa membalap dulu gara-gara pandemi virus corona. Oleh karenanya, dia coba mengobati kangen lewat balapan virtual di bulan Ramadan.

Sean harusnya memulai debut bareng tim barunya, DAMS, di Formula 2 2020 bulan April lalu. Tapi, gara-gara pandemi virus corona, seri F2 Bahrain dibatalkan dan belum jelas bakal ajang itu akan dimulai musim ini.

F2 sejauh ini masih menunggu keputusan F1 untuk bergulir mengingat kedua balapan itu selalu dihelat bersamaan. Maka dari itu sudah hampir dua bulan para pebalap F2 termasuk Sean tidak punya aktivitas.

Maka dari itu demi mengisi waktu luang di tengah masa karantina sekaligus membunuh kebosanan, Sean mengikuti ajang 'Ramadan Balap Indonesia 2020'. Pada ajang ini Sean selain menjajal kemampuan balap virtualnya, dia bisa bersilaturahmi dengan rekan-rekan seprofesi.

Pebalap 23 tahun itu ini mengadu keterampilan dari balik gagang kemudi simulator untuk menaklukkan Sirkuit Zandvoort di Belanda hari Minggu (10/5).



Sirkuit yang dulu sangat kondang untuk ajang F3 Master tersebut kini memiliki tantangan baru berupa banking corner ala sirkuit oval di Amerika. Sean sendiri tadinya berkesempatan balapan sungguhan di sana di ajang F2, namun batal karena pandemi COVID-19.

Sean menggeber McLaren 650S GT3. Beberapa pebalap sungguhan dan dedengkot balapan simulator beradu skill dengan Sean di ajang yang digagas oleh IMI Digital Motorsport dan McLaren Club Indonesia tersebut.

Start dari posisi 8 di Group A, Sean dengan mudah mengambil beberapa posisi sampai bertahan lama di P4 pada balapan berdurasi 20 menit tersebut. Namun sebuah kesalahan yang dibuat Arwin Taruna pada sekitar 4,5 menit menjelang finis membuat Sean naik ke P3.

Sean GelaelSean Gelael pakai mobil McLaren di balapan virtual (Foto: dok.Sean Gelael)



Sean mendapat perlawanan sengit dari Fadhli Rachmat di detik akhir balapan, namun berhasil mempertahankan posisi ketiga. Dua podium teratas jadi milik pemenang Fickry Segeir dan runner-up Jaka Siswoyo.

"Saya akui, para pebalap simulator profesional sangat cepat. Walau begitu saya tetap senang dengan hasil balapan dan terutama dari silaturahmi virtual bersama para pebalap dan penggemar. Momen seperti itu harus terus dipelihara, untuk menjaga spirit kita di masa pandemi ini," ujar Sean dalam rilis kepada detikSport.

Tak lama setelah balapan di Zandvoort, bersama para pebalap F2 lain Sean ambil bagian di virtual race F2 di Sirkuit Catalunya, Spanyol. Dari dua race yang digelar, Sean finis ke-12 dan ke-14.



Simak Video "Pembalap Sean Gelael Berharap Ada Wakil Indonesia di Ajang Formula E"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com