detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 28 Mei 2020 21:35 WIB

Khabib Selalu Menang dengan Gulat, Apakah Membosankan?

Afif Farhan - detikSport
Khabib Selalu Menang dengan Gulat, Apakah Membosankan? (Getty Images/Francois Nel) Khabib Selalu Menang dengan Gulat, Apakah Membosankan? (Getty Images/Francois Nel)
Jakarta -

Khabib Nurmagomedov, juara kelas Lightweight UFC adalah rajanya gulat. Tapi, apakah dengan bertanding terus seperti itu akan terlihat membosankan?

Catatan kemenangan Khabib Nurmagomedov di UFC begitu sempurna. Belum pernah kalah, rekor kemenangannya 28-0!

Pertandingan selanjutnya, dia akan menghadapi juara Interm Lightweight, Justin Gatehje. Namun hingga kini, pihak UFC masih belum memberikan kabar selanjutnya.



Khabib Nurmagomedov begitu dominan di UFC karena keahliannya bergulat. Tak ayal, ayahnya yakni Abdulmanap adalah atlet gulat di kampung halamannya, di Dagestan, Rusia.

'The Eagle' juga pernah dua kali juara gulat pada kompetisi kejuaraan Sambo dunia. Khabib begitu lihai untuk membanting lawan, mencengkram, sampai melakukan kuncian.

FILE PHOTO: Oct 6, 2018; Las Vegas, NV, USA; Khabib Nurmagomedov (red gloves) fights Conor McGregor (blue gloves) during UFC 229 at T-Mobile Arena. Mandatory Credit: Stephen R. Sylvanie-USA TODAY Sports/File PhotoKhabib Nurmagomedov kala menaklukkan Conor McGregor dengan teknik kuncian di leher (Stephen R. Sylvanie-USA TODAY Sports)



Apakah dengan bertarung dengan gaya gulat selalu membosankan?

Javier Mendez, pelatih Khabib Nurmagomedov di American Kickboxing Academy (AKA) beberapa waktu lalu pernah membahas perihal tersebut. Itu dipostingnya melalui JavierMendezAKAPodcast.

Mengenali AKA terlebih dulu, ini adalah klub MMA (Mixed Martial Arts) di California, AS yang sudah melahirkan banyak juara UFC. Selain Khabib, sebelumnya ada Daniel Cormier, Cain Velasquez, Luke Rockhold, Josh Thomson, dan Jon Fitch.

Pelatih Khabib NurmagomedovPelatih Khabib Nurmagomedov, Javir Mendez (Instagram/akajav)



Javier Mendez bercerita, awalnya dia melihat para anak didiknya berlatih. Namun ketika masuk sesi latihan gulat, tak sedikit yang terlihat malas-malasan.

"Grappling (gulat-red) sangat sangat penting. Hal utama yang harus kalian lakukan jika mau sukses di pertarungan MMA adalah dominant grappling," katanya.

"Kalau kalian tidak bisa melakukan dominant grappling, kalian tidak akan menjadi petarung yang terbaik. Kalian sendiri yang memutuskan apakah kalian mau jadi juara," lanjutnya.

(Halaman selanjutnya, grappling tidaklah boring)

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com