Mengenal 10 Gerakan Terlarang di UFC

ADVERTISEMENT

Mengenal 10 Gerakan Terlarang di UFC

Afif Farhan - Sport
Kamis, 04 Jun 2020 21:25 WIB
UFC
Mengenal 10 Gerakan Terlarang di UFC (Getty Images)


Dilansir detikSport dari Association of Boxing Commissions and Combative, kesepuluh gerakan terlarang di UFC adalah menendang kelamin, menusuk lubang mata, hidung, dan mulut dengan jari, memukul kepala bagian belakang, membanting kepala ke tanah, mencungkil mata, menanduk, menjambak, serangan siku 12-6, menendang kepala lawan saat sedang tersungkur, dan memegang jaring.

Beberapa mungkin bisa dipahami, namun lainnya mungkin kamu belum dengar. Salah satunya adalah serangan siku 12-6.

Dalam bahasa Inggris, namanya 12-6 Elbows. Suatu serangan dengan sikut kepada lawan saat di posisi atas, secara vertikal ke arah kepala atau wajah yang seperti membentuk arah jam 12 dan jam 6.

Serangan sikut memiliki kekuatan yang besar dan begitu berbahaya kalau mengenai Kepala. Pun ketika kena wajah, bisa membuat wajah sobek dan mencederai mata.



LAS VEGAS, NEVADA - DECEMBER 14:  Colby Covington (L) falls back from a punch by UFC welterweight champion Kamaru Usman in the fifth round of their welterweight title fight during UFC 245 at T-Mobile Arena on December 14, 2019 in Las Vegas, Nevada. Usman retained his title with a fifth-round TKO.  (Photo by Steve Marcus/Getty Images)UFC punya aturan yang harus dipatuhi para petarung (Steve Marcus/Getty Images)



Memukul bagian kepala belakang juga sangat berbahaya. Sebabnya, di bagian belakang kepala terdapat otak kecil.

Otak kecil memuat lebih dari 50 persen sel saraf di bagian otak. Jika terkena hantaman, maka bisa mempengaruhi gerakan otot-otot badan dan paling parah bisa lumpuh.



LAS VEGAS, NV - OCTOBER 06:  Khabib Nurmagomedov of Russia (R) and Conor McGregor of Ireland (L) start their UFC lightweight championship bout during the UFC 229 event inside T-Mobile Arena on October 6, 2018 in Las Vegas, Nevada.  (Photo by Harry How/Getty Images)Wasit di dalam octagon dengan tegas akan memperingati petarung jika melanggar aturan yang berlaku (Harry How/Getty Images)



Membanting kepala ke tanah pun dilarang. Petarung boleh-boleh saja membanting lawan, tapi dengan tidak posisi kepala lebih dulu ke kanvas karena bisa berakibat fatal.

Terakhir, memegang jaring octagon juga dilarang. Biasanya hal itu dilakukan oleh petarung yang sedang bertahan dari serangan gulat di kanvas.


(aff/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT