detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 06 Jun 2020 14:00 WIB

Menpora Persilakan Pelatnas di Masa Transisi PSBB

Mercy Raya - detikSport
Timnas U-19 melakukan latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Pemusatan latihan ini ditonton langsung Menpora Zainudin Amali hingga Ketum PSSI Mochamad Iriawan. Menpora Persilakan Pelatnas di Masa Transisi PSBB (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

Menpora Zainudin Amali mempersilakan pemusatan latihan nasional olahraga bergulir di masa transisi PSBB di Jakarta. Tapi dengan syarat.

Pandemi virus corona telah menghentikan hampir seluruh kegiatan olahraga baik di internasional maupun nasional. Pelatnas cabor juga terpaksa disetop guna memutus rantai penularan penyakit COVID-19.

Meskipun masih ada beberapa cabor yang tetap menjalani latihan dengan karantina tertutup seperti bulutangkis, angkat besi, dan menembak. Tiga bulan berlalu, Pemerintah khususnya DKI Jakarta mulai beradaptasi dengan pandemi virus corona.

Gubernur DKI Anies Baswedan resmi menetapkan pembatasan sosial berskala besar transisi hingga 18 Juni. Beberapa kegiatan yang sebelumnya disetop pun mulai aktif kembali. mempersiapkan masyarakat yang sehat, aman, dan produktif.



Merespons kebijakan itu, Menpora Zainudin Amali mengatakan mengizinkan induk cabang olahraga melakukan kegiatan latihan kembali. Tapi cabor diminta lebih dulu mengajukan permohonan kepada Kemenpora.

"Pelatnas silakan jalan. Yang penting cabor menyampaikan rencana lengkap tentang pelatnasnya beserta penerapan protokol kesehatan yang ketat. Itu tiga cabor (bulutangkis, angkat besi, dan menembak) bisa disiplin kok," kata Amali kepada detikSport, Sabtu (6/6/2020), dalam pesan singkat.

Nantinya, sebut Amali, permohonan pengajuan pelatnas kembali itu akan diverifikasi sebelum akhirnya Kemenpora menyetujuinya.

"Jadi harus ada perencanaan detailnya serta penerapan protokol kesehatannya Kami akan lihat seperti apa. Semua protokol kesehatan wajib dilakukan," dia menegaskan.



Simak Video "Indonesia Bidik Wisata Olahraga Sebagai Sumber Devisa Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com