detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 07 Jun 2020 19:30 WIB

Shopee Liga 1 & Liga 2 Diharapkan Jadi Contoh New Normal di Indonesia

Muhammad Robbani - detikSport
indra sjafri timnas indonesia u-22 sea games 2019 Indra Sjafri berharap Shopee Liga 1 dan Liga 2 bisa menjadi contoh new normal di Indonesia. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri bicara pentingnya kelanjutan Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020. Kedua kompetisi diharapkan menjadi contoh new normal di Indonesia.

Sepakbola punya kekuatan yang cukup besar untuk memberikan pengaruh ke masyarakat. Indra Sjafri pun berharap hal itu bisa diaplikasikan dengan kesuksesan gelaran Shopee Liga 1 dan Liga 2 di tengah pandemi virus corona.

Pertimbangan itulah yang menjadi alasan PSSI berencana menggelar kompetisi lagi pada September atau Oktober mendatang. Hal itu pun sudah disosialisasikan kepada klub, dan perwakilan pemain serta pelatih.

"Kami rasa perlu kampanye lewat sepak bola bahwa Indonesia sudah mulai beradaptasi dan belajar dengan situasi new normal dengan menjalankan protokol kesehatan. Kompetisi sepak bola adalah kampanye yang baik buat dunia luar melihat kita," kata Indra Sjafri, dikutip dari laman resmi PSSI.

Sementara dalam kepentingan sepakbola, kompetisi digulirkan demi Piala Dunia U-20 2021. Pemain yang akan menjadi kontingen Indonesia nantinya diharapkan punya persiapan yang cukup lewat kompetisi.

Apalagi sudah banyak agenda Timnas Indonesia yang tertunda akibat pandemi COVID-19. Baik itu pemusatan latihan hingga tampil di ajang-ajang persiapan seperti Piala AFF 2019 dan Piala Asia U-19 2019.

"Kompetisi yang dilakukan juga buat kepentingan Timnas Indonesia ke depan. Supaya pemain selalu berkompetisi dan dengan sendirinya pemain tetap terasah kualitasnya," ujar Indra Sjafri.

"Dengan adanya kompetisi, pelatih Timnas Indonesia juga bisa mendapatkan pemain di luar list yang sudah ada. Karena kompetisi bisa melahirkan pemain yang berkualitas," tuturnya.

"Saat pemain tidak ikut pemusatan latihan, mereka bisa berkompetisi di Liga 1 dan Liga 2. Sementara pemain yang tidak terpanggil pemusatan latihan, mereka tetap terasah lewat kompetisi," ucapnya.

Untuk mewujudkan ambisi ini, PSSI sudah menyusun protokol keselamatan COVID-19. Indra Sjafri turut menjadi salah satu tim penyusunnya.

Sejauh ini sudah ada dua panduan yang dirampungkan federasi. Tiga lainnya akan segera dirampungkan dan nantinya akan disatukan ke dalam bentuk buku untuk jadi panduan keselamatan sepakbola di Indonesia.



Simak Video "Piala AFF Dipastikan Mundur Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com