detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 24 Jun 2020 00:13 WIB

Atlet Anggar Fokus Pulihkan Fisik saat New Normal

Suriyatman - detikSport
Anggar Atlet Anggar Fokus Pulihkan Fisik saat New Normal (Suriyatman/detikSport)
Samarinda -

Era new normal bukan berarti harus berleha-leha. Atlet anggar pun fokus berlatih untuk memulihkan fisik.

Meski agenda Pekan Olahraga Nasional di Papua sudah dipastikan ditunda pelaksanaannya pada Oktober 2021 mendatang menyusul terjadinya Pandemi COVID-19 di tanah air, kini di masa new normal sejumlah atlet anggar di Kaltim sudah mulai latihan bersama di Gedung Anggar Polder Air Hitam jalan AW Syahranie Kecamatan Samarinda Ulu, Kalimantan Timur, pada selasa (23/6/2020) Sore.

Muslimin ketua Pengda Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (INKASI) Kaltim mengatakan bahwa atlet sudah melakukan latihan bersama sejak setelah lebaran Idul Fitri lalu.

"Ini dilakukan untuk mengembalikan kondisi fisik para atlet yang sudah lama tidak latihan," kata Muslimin.

Namun lanjutnya berbeda dengan latihan biasanya, 24 atlet yang ada berlatih secara bergantian sesuai kelas dan senjata spesialisasinya.

"Dalam anggar kan ada 3 jenis senjata yang digunakan para atlit sesuai spesialisasinya jika pada hari ini menggunakan senjata Foil maka besok jatahnya Sabel, selanjutnya Degen, dan itu terus berputar kita latihan setiap Senin-Jumat," kata Muslimin.



Namun memang meski mengaku telah melakukan latihan ketat di rumah, fisik para atlit memang jauh merosot dan ini sangat berbahaya bagi para atlet yang akan turun di event besar seperti di PON.

"Setelah lama gak latihan, fisik jauh turun, karena mungkin latihan di rumah itu tidak maksimal. Pas di sini dikasih program, kelihatan sedikit cape, lemes, berarti latihan di rumahnya gak maksimal," Kata Muslimin.

Anggar (Suriyatman/detikSport)



Dari itu lanjutnya meski tidak ada kejuaraan yang akan diikuti dalam waktu dekat para atlit diminta untuk sudah siap dan yang harus dilakukan pertama kali adalah mengembalikan fisik mereka seperti sebelum COVID-19.

Muslimin mengaku meski fisik para atlit jauh dari harapan namun Semangat para atlit sangat luar biasa , mereka tetap datang walaupun hujan mereka tetap ada. Ada yang dari Balikpapan Tenggarong, karena mungkin lama tidak ngumpul.

"Saat ini memang kita fokuskan untuk pengembalian fisik para atlit, sehingga ke depan jika ada kompetisi para atlit sudah bisa langsung bertanding," tutup Muslimin yang juga mantan manajer timnas Anggar di Sea Games 2019 Manila.



Simak Video "Kembali Bekerja dan Tetap Sehat di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com