detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 30 Jun 2020 16:17 WIB

Menpora Ingin Pastikan Piala Dunia dan MotoGP 2021 Sesuai Agenda

Abu Ubaidillah - detikSport
Menpora Zainudin Amali gelar rapat dengan para operator liga terkait virus corona. Menpora menyerahkan kebijakan penanggulangan corona kepada cabor masing-masing. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Menpora Zainudin Amali menegaskan agenda olahraga yang akan diselenggarakan pada 2021 sudah dijadwalkan. Untuk itu, pihaknya ingin memastikan agenda tersebut tidak akan mundur atau bergeser jadwal meski saat ini pandemi COVID-19 masih berlangsung.

"Ini memang agenda yang harus kita ikuti. Memang harus kita ikuti, enggak bisa enggak," tegas Zainudin kepada detikcom dalam acara d'Rooftalk with Alfito Deannova bertajuk 'Tak Patah Semangat Juara Meski Corona'.

Seperti diketahui, pada tahun 2021 ada banyak agenda olahraga besar yang harus diikuti Indonesia. Mulai dari Asian Indoor & Martial Arts Games yang berlangsung pada April-Mei 2021, Piala Dunia FIFA U-20 pada Mei-Juni 2021, MotoGP Mandalika 2021 pada November, hingga puncaknya ASEAN Para Games yang berlangsung di Desember 2021.

Selain itu, ada juga berbagai event olahraga besar yang dilangsungkan pada 2021, antara lain ASEAN School Games, Olimpiade dan Paralimpik Tokyo, HAORNAS, Islamic Solidarity Games, World Beach Games, POPNAS dan PEPAPERNAS, PON dan PEPARNAS, Asian Youth Games, serta SEA Games. Sebelum itu, Indonesia juga harusnya mengikuti sejumlah event olahraga yang digelar pada 2020 yang namun batal karena pandemi COVID-19 dan dijadwalkan ulang tahun 2021 seperti Olimpiade Tokyo.

"Ini belum masuk yang lain-lain ya. Misalnya bulu tangkis itu kan agendanya banyak, sepak bola juga banyak. Ini yang saya sampaikan yang menjadi tanggung jawab pemerintah," sambung Zainudin.

Khusus event yang diselenggarakan di Indonesia, Zainudin mengatakan kesempatan menjadi tuan rumah harus dimanfaatkan dengan benar, baik untuk sepak bola, MotoGP, dan basket tahun 2023.

Zainuddin tidak hanya ingin Indonesia sukses menjadi penyelenggara, melainkan juga berharap Timnas Indonesia, pebalap, hingga kontingen Indonesia bisa berprestasi dalam event-event yang diselenggarakan pada 2021.

Oleh karena itu, pihaknya terus mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan, termasuk infrastruktur yang memadai. Mulai dari stadion yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 hingga sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Kalau ini jadi (MotoGP di sirkuit Mandalika), ini adalah sirkuit terindah di dunia. Karena dia mengelilingi laut sehingga Dorna berkeinginan untuk ditambah beberapa tahun lagi," papar Zainuddin.

(akn/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com