detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 24 Jul 2020 19:27 WIB

Mau Gowes? Cek Dulu Tips Beli Sepeda biar Gak Salah Pilih

Reyhan Diandri - detikSport
sepeda Foto: shutterstock
Jakarta -

Gowes menjadi tren masa kini yang sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Tentunya tren ini membawa banyak peminat baru yang masih awam dalam urusan bersepeda. Misalnya saja pengetahuan dalam hal membeli jenis sepeda yang cocok untuk digunakan.

Perwakilan Komunitas Sepeda Seli Selatan Tatar Bahagia mengungkapkan untuk tips membeli sepeda, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan browsing dan searching terlebih dahulu.

"Jangan seperti saya, dulu punya pengalaman tanpa browsing datang langsung ke sebuah toko dan beli sepeda lipat dengan harga Rp 5 juta sampai Rp 7 jutaan tapi speknya biasa-biasa saja. Sekarang kita kalau browsing harga Rp 5 juta saja, kita sudah dapat yang bagus dengan speknya lumayan enak dibawa ke mana-mana," ungkap Tatar, dalam acara Bincang Shopee Persiapan Shopee Bersepeda Bersama (PSBB) yang disiarkan melalui aplikasi Zoom, Jumat (24/7/2020).

Menurut Tatar, saat melakukan browsing tersebut jangan lupa juga untuk melihat kolom review dari para pembeli lain misalnya ketika menggunakan aplikasi e-commerce seperti Shopee. Jangan sampai pada saat sudah dibeli, malah justru mengecewakan dan tidak sesuai ekspektasi.

"Kalau bingung atau ragu saat melihat review, lihat saja lagi ke YouTube. Sekarang hampir banyak pesepeda jadi YouTuber, mereka bikin vlog dan review sepeda ini sepeda itu. Kalau masih kurang juga gabung di grup-grup komunitas Facebook," jelas Tatar.

Tatar mengatakan untuk jenis sepeda yang dipilih sebenarnya tidak perlu yang mahal, yang penting pengguna tahu fungsi dari sepeda yang mau digunakan. Kenali juga terlebih dahulu lintasan sepeda yang biasa dilewati.

"Misalnya kalau cuma komplek, tanah-tanah biasa, atau ke jalan dikit, kayanya kalau kita beli di harga Rp 5 juta ke bawah yang di entry level itu sudah cukup," ujarnya.

Tatar pun mengungkapkan beberapa sepeda menggunakan bahan berbeda dalam frame. Pada entry level, kebanyakan sepeda menggunakan bahan besi pada rangkanya. Namun pada mid level, sepeda sudah menggunakan rangka alloy yang lebih ringan.

"Setelah mid level ada seri premium yang bahannya titanium carbon itu bahannya sangat ringan. Kalau misalnya sering lihat anak-anak road bike foto dan angkat sepedanya, itu biasanya sepeda mereka premium," jelasnya.

Terakhir, Tatar mengungkapkan bahwa penentuan budget menjadi hal yang harus diprioritaskan. Selain anggaran untuk sepeda, anggaran perlengkapan bersepeda juga penting untuk dimasukkan ke dalam perhitungan. Oleh karena itu, sebaiknya pegowes yang ingin membeli sepeda beserta perlengkapannya bisa mencoba e-commerce Shopee yang sedang mengadakan Shopee 8.8 Mid Year Sale.

"Paling gampang ya kita belanja online, kalau di Shopee hari gini sih menurut gue cukup lengkap ya. Ada perlengkapan dari atas sampai bawah kayak helm dan jersey. Kalau misalnya spare part kaya pedal atau lampu itu semua ada di Shopee. Karena sekarang harga lagi mahal-mahalnya, kenapa nggak memanfaatkan Shopee 8.8 Mid Year Sale ini karena kita bisa dapat harga diskon," pungkasnya.



Simak Video "Suka Bersepeda? Sederet Aplikasi Ini Bisa Membantumu"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com