detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 15 Agu 2020 05:48 WIB

Jenis Permainan Bola Kecil dan Penjelasannya secara Lengkap

Puti Yasmin - detikSport
Ratusan Pegolf Ramaikan CIMB Niaga Indonesian Masters

Sebanyak 150 peserta dari dalam dan luar negeri meramaikan turnamen  Salah satu pegolf top dunia, Lee Westwood juga memeriahkan CIMB Niaga Indonesian Masters. Lee tercatat dua kali juara Indonesia .Pegolf asal Denmark, Thomas Bjorn juga ambil bagian di ajang CIMB Niaga Indonesian Masters. Thomas merupakan pemai asal Denmark yang tercatat meraih enam kali European Ryder Cup.Pegolf asal Taiwan Chan Shih-chang Pegolf asal Indonesia, Ian Andrew turut ambil bagian di ajang CIMB Niaga Indonesian Masters.golf itu.Pool/CIMB Niaga.
  (Photo by Arep Kulal/Asian Tour via Getty Images) Foto: pool/ Ilustrasi Jenis Permainan Bola Kecil dan Penjelasannya Lengkap
Jakarta -

Permainan bola kecil merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Nah, apa saja daftar permainan bola kecil yang bisa dimainkan bersama-sama?

Selain permainan bola kecil, ada juga permainan bola besar. Perbedaan permainan ini hanya terletak pada ukuran bola yang menjadi objek permainan antara besar dan kecil.

Berikut jenis Permainan Bola Kecil:

1. Bulu Tangkis

Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil menyingkirkan ganda Jepang Nami Maysuyama/Chiharu Shida (Jepang) di perempatfinal Daihatsu Indonesia Masters 2020. Mereka tak akan mengendurkan pedal gas.Ilustrasi Jenis Permainan Bola Kecil Bulu Tangkis Foto: Agung Pambudhy

Pemainan bola kecil ini bisa dimainkan di dalam maupun di luar lapangan. Hanya saja, lapangan permainan harus dibatasi dengan garis-garis dalam ukuran panjang dan lebar tertentu dan dibagi atas dua bagian yang dibatasi oleh net.

Para pemain juga harus menggunakan raket sebagai alat pukul dan kok sebagai bola yang dipukul. Permainan ini minimal dimainkan oleh dua orang dan maksimal empat orang.

2. Tenis Meja

Layaknya tenis, permainan ini hanya berada di atas meja. Pemain harus menguasai teknik bertahan yang baik demi mempertahankan ancaman dari lawan.

3. Golf

Meski tampil di luar ruangan dan di bawah terik menteri, pegolf Yoo Hyun-Ju tetap memperhatikan penampilan. Ia tampak bermake up sebelum beraksi di KLPGA Championship.Ilustrasi Jenis Permainan Bola Kecil Golf Foto: Getty Images/Chung Sung-Jun

Golf dimainkan dengan menggunakan stik khusus. Para pemain harus mengayunkan bola ke arah lubang sasaran untuk mendapatkan poin permainan.

4. Softball

Menpora Zainudin Amali mengunjungi pelatnas softball di Kompleks Gelora Bung Karno. Pelatnas softball tengah mempersiapkan diri menghadapi SEA Games 2019 Filipina.Ilustrasi Jenis Permainan Bola Kecil Softball Foto: Grandyos Zafna

Pencipta permainan bola kecil ini adalah George W Hancock pada tahun 1887. Untuk memainkan softball, para peserta harus dilengkapi dengan bola ukuran 30,5 cm, sarung tangan, pemukul, pelindung badan, topeng pelindung kepala, dan juga base atau bantalan untuk home base.

5. Rounders

Sejarah permainan bola kecil Rounders berawal di Inggris dan merupakan dasar dari permainan baseball dan softball. Kemudian, permainan ini mulai populer di Indonesia pada tahun 1950 hingga dilombakan pada PON II 1951.

6. Kricket

Permainan bola kecil ini pada dasarnya hampir sama dengan permainan baseball atau softball. Hanya saja, kricket menggunakan bola yang berbeda yakni dibungkus dengan laon sehingga bentuknya tidak bulat sempurna.

7. Billiard

Billiard bisa dimainkan oleh satu orang. Caranya cukup menyodokkan bola berwarna putih ke bola berwarna agar masuk ke dalam lubang meja billiard.

Selamat mencoba permainan bola kecil!



Simak Video "RIver Board, Menguji Adrenalin di Sungai Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com