detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 17 Agu 2020 10:50 WIB

Baru Belajar, Ini 4 Gaya Renang yang Mudah untuk Dipraktikkan

Yudistira Imandiar - detikSport
renang Foto: shutterstock
Jakarta -

Renang merupakan olahraga yang efektif untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan melatih pernafasan. Olahraga ini memiliki beragam variasi gerakan dengan karakteristik berbeda-beda.

Untuk bisa mahir berenang, yang dibutuhkan adalah konsistensi. Butuh beberapa kali latihan untuk bisa menyeimbangkan anggota tubuh, utamanya tangan dan kaki di dalam air.

Bagi perenang pemula, setidaknya menguasai satu gaya untuk dapat mengambang dan melintas di air. Ada beberapa jenis gaya renang yang mudah dipelajari oleh pemula.

Berikut ini ulasan gaya renang yang relatif mudah dipraktikkan.

1. Gaya dada

Gaya dada atau katak yang dalam istilah internasional disebut breaststroke ini dianggap mudah untuk dipelajari. Untuk melakukan gaya katak, posisikan tubuh menghadap ke air, lalu gerakan tangan menyapu air ke arah luar, dan kaki dihentak ke arah luar. Ambil nafas setelah dua atau tiga kali melakukan gerakan tersebut. Gaya ini cocok untuk berenang dengan kecepatan rendah.

2. Gaya bebas

Gaya bebas juga dapat dipraktikkan saat belajar berenang. Caranya, yaitu memposisikan tubuh menghadap permukaan air, lalu gerakkan tangan mengayun dari atas ke bawah permukaan air secara bergantian kanan dan kiri, sedangkan kaki bergerak mengepak atas-bawah secara bergantian juga. Gerakan ini memungkinkan berenang lebih cepat dibandingkan gaya dada.

3. Gaya Anjing

Sesuai namanya , gerakan renang ini mengikuti gaya anjing berenang. Caranya, yakni kepala berada di atas permukaan air lalu gerakkan tangan mengayun dari depan ke belakang secara bergantian kanan dan kiri, sedangkan kaki mengayun dari bawah ke atas bergantian pula . Gaya ini membuat perenang tak cepat kehabisan nafas karena kepala berada di atas.

4. Gaya samping (side stroke)

Gaya samping menitikberatkan gerakan ke satu bagian saja (kanan atau kiri). Cara melakukannya , yakni posisikan badan miring ke satu arah, dengan tangan yang ada di posisi kemiringan dibentangkan lurus ke depan, sedangkan tangan satu lagi mengarah ke belakang. Gerakkan tangan yang ada di depan mengayun ke bawah lalu berputar hingga kembali lurus ke depan, dan tangan satunya bergerak ke depan lalu menyapu air ke belakang. Di saat yang bersamaan kaki melakukan gerakkan menggunting, yakni membuka keluar lalu bergerak ke dalam secara bersamaan.

Itu dia empat gaya dasar yang bisa dipilih untuk belajar berenang. Mesti diingat, pernafasan menjadi faktor kunci agar bisa berenang dengan baik. Jangan paksakan diri berenang jika merasa nafas sudah sesak karena kekurangan oksigen.

Agar lebih aman saat berenang, kadar oksigen dalam tubuh dapat dipantau dengan Samsung Galaxy Watch3. Jam tangan pintar ini memiliki fitur Built-In Oxygen Measurement. Pengguna dapat mengetahui jika kadar oksigen sudah di level tidak aman, sehingga dapat menyesuaikan aktivitas fisik.

Selain itu, Samsung Galaxy Watch3 sudah dilengkapi fitur Fall Detection dengan teknologi gyroscope. Sistem akan mendeteksi jika pengguna terjatuh berdasarkan sudut kemiringan, dan dapat menginisiasi panggilan darurat.

Informasi lengkap tentang Samsung Galaxy Watch3 dapat dilihat di sini.



Simak Video "Kiat Buat Konten Menarik di Samsung Content Creator Class"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com