detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 27 Agu 2020 18:07 WIB

Aceh-Sumatera Utara Jadi Tuan Rumah PON 2024

Mercy Raya - detikSport
KONI Pusat Rakernas KONI Pusat memutuskan Pekan Olahraga Nasional 2024 di Aceh dan Sumatera Utara. (Foto: dok.KONI)
Jakarta -

Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara didapuk menjadi tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Kepastian itu tertuang dalam keputusan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat 2020.

"Diputuskan usulan Komisi B yakni, Provinsi Aceh dan Sumatera Utara menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI pada tahun 2024, sebagaimana tahun Olimpiade dihelat," kata Waketum I KONI Pusat Suwarno dalam rilis yang diterima detikSport.

Tak hanya soal PON berikutnya, KONI juga akan membahas soal nasib 10 cabor yang tereliminasi, dari sebelumnya 47 cabor yang akan dipertandingkan, di PON XX tahun 2021 di Papua. KONI berencana mempertandingkan di provinsi lain.

"KONI akan mengupayakan cabor yang tereliminasi di PON XX tahun 2021 di Papua supaya dapat dipertandingkan di provinsi lain. Tetapi dengan nomenklatur PON XX/2021 Papua," kata Marciano.

Solusi mencari tuan rumah pendamping sejatinya sejak lama sudah diusulkan. Sebab, sejumlah pengurus besar/pusat cabang yang cabornya dicoret telah menggelar Kualifikasi PON. Tapi Provinsi Papua kabarnya keberatan dengan ide tersebut.

Sementara itu, terkait penyelenggaraan PON Remaja bergantung pada keputusan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Di sisi lain, Ketua KONI Pusat Marciano Norman mengapresiasi hasil Rakernas KONI. Eks kepala Badan Intelijen Negara ini juga berharap KONI Provinsi dapat meniru kerja sama yang dilakukan KONI Pusat dengan Kemenpora.

"Kerja sama antara Kemenpora dan KONI Pusat dalam MoU untuk pembinaan dan pengawasan olahraga prestasi diharapkan bisa dilakukan KONI Provinsi juga," katanya.

Marciano juga menyinggung Hari Olahraga Nasional setiap tanggal 9 September.

"Momentum Hari Olahraga Nasional ada tiga tema yaitu sports science, sport tourism dan sport industry, itu jadi perhatian dalam pembinaan olahraga prestasi berkelanjutan jadi harus disambut baik dan tercipta sinergi yang utuh," imbuhnya.

(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com