detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 30 Agu 2020 12:06 WIB

Game Mobile Punya Manfaat Positif pada Anak-anak, Asal...

Yudistira Imandiar - detikSport
Anak Main Game Foto: shutterstock
Jakarta -

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga banyak yang menggemari game mobile. Hal ini kadang menjadi kondisi yang mencemaskan karena dapat membuat anak kecanduan. Di sisi lain, apakah ada manfaat bermain game mobile bagi anak?

Data yang dirilis perusahaan analis industri NPD, di 2019 sekitar 73% anak usia dua tahun atau lebih di Amerika Serikat sudah mengenal dan memainkan video games (termasuk mobile games). Angka tersebut naik 6% dari data tahun sebelumnya.

Bermain game yang tepat sesuai usia anak dapat meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, juga mengasah ketangkasan. Game mobile juga bisa membuat anak lebih aktif, karena terpicu untuk memainkan game secara nyata, seperti bermain sepakbola, BMX, skateboard, basket, dan lainnya.

Namun, mengenai manfaat bermain game mobile bagi anak, kidshealth.org memaparkan, orang tua mesti menyeleksi game yang dapat dimainkan anak agar bisa memperoleh manfaatnya. Game yang mengasah ketangkasan, seperti puzzle, game interaktif yang merangsang pemecahan masalah, atau game yang melibatkan gerakan fisik untuk melatih motorik anak.

Game-game yang berisi kekerasan, seperti game peperangan atau perkelahian mesti dijauhkan dari anak. Sebab, game seperti itu terbukti meningkatkan perilaku agresif (menyerang) pada anak.

Agar anak tak kebablasan, orang tua harus intensif mengawasi anak selama bermain game mobile. Bagi anak umur 5-18 tahun, waktu bermain game mobile harus dibatasi sebijak mungkin. Sebab, jika dibiarkan terlalu lama bermain game mobile anak akan kehilangan waktu istirahat dan kurang aktivitas fisik di luar rumah, yang notabene baik untuk perkembangan fisik dan mentalnya.

Pastikan game-game yang dimainkan anak telah disortir, sehingga sesuai dengan batasan usianya. Hal ini penting untuk menghindari anak dari konten kekerasan, seksual, dan perilaku negatif.

Pengalaman bermain game yang aman bagi anak bisa didapatkan dengan Samsung Galaxy Note20. Generasi terbaru Galaxy Note ini dapat memainkan game-game yang cocok untuk anak dari XBox Game Pass Ultimate yang telah dikurasi menggunakan Cloud. Anda bisa memilihkan game seperti Minecraft Dungeon, Banjo-Kazooie, dan lainnya.

Orang tua juga dapat mengasah kemampuan anak dalam menulis dan menggambar dengan S Pen model terbaru di Samsung Galaxy Note20. Aktivitas bermain sambil belajar pun bisa dilakukan dengan menyenangkan dengan Galaxy Note20.



Simak Video "Meski Berprosesor Sama, Ini Bedanya Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com