detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 02 Sep 2020 12:01 WIB

Lewat Haornas, Menpora Dorong Kembali Prestasi Olahraga Saat Pandemi

Yudistira Imandiar - detikSport
Zainudin Amali Foto: Kemenpora
Jakarta -

Agenda pamungkas dari Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 akan berlangsung 9 September mendatang. Guna memastikan persiapan pelaksanaan event puncak tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meninjau GOR POPKI Cibubur, Selasa (1/9).

Dalam kunjungannya itu, Zainudin mengecek semua persiapan panitia pelaksana puncak Haornas 2020 yang rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo secara virtual dari Istana Negara.

"Persiapan Haornas ini saya mau setiap hari ada update, kita semua harus bekerja sama harus konsentrasi betul secara teamwork," kata Zainudin dalam keterangan tertulis, Rabu (2/9/2020).

Ia lantas memberikan beberapa masukan teknis dan nonteknis kepada panitia. Salah satunya konsentrasi pada pembukaan yang dilakukan Presiden Jokowi.

Menteri asal Gorontalo itu ingin Haornas 2020 menjadi momentum untuk menggerakkan kembali kegiatan olahraga, guna meningkatkan kebugaran masyarakat dan prestasi olahraga serta pemberdayaan ekonomi, meskipun dalam situasi pandemi COVID-19.

"Saya ingin Haornas ini dijadikan momentum untuk meningkatkan kebugaran, dan prestasi olahraga melalui dukungan sport science. Serta pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui sport tourism dan sport industry," ulas Zainudin.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara Haornas ke-37 tahun 2020 Raden Isnanta menyampaikan persiapan penyelenggaraan hingga H-7 telah dilakukan gladi dan simulasi. Selain itu, dalam hal sanitasi dan kesehatan panitia menempatkan titik-titik tempat cuci tangan dan hand sanitizer.

"Kami hadir hari ini lengkap Pak Menteri semua panitia, pengarah, pengawas dari ketua, wakil ketua, hingga koordinator bidang hadir semua untuk melakukan pemetaan lokasi termasuk simulasi pelaksanaan Protokol kesehatan di acara nanti," ujar Isnanta yang juga Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora.



Simak Video "Indonesia Bidik Wisata Olahraga Sebagai Sumber Devisa Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com