detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 09 Sep 2020 07:00 WIB

Blak-blakan Menpora Zainudin Amali

Menpora Sinergikan Olahraga Dengan Sains, Wisata, dan Industri

Deden Gunawan - detikSport
Menpora Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (Foto: Fuad Hasim)
Jakarta -

Pandemi COVID-19 telah memukul berbagai bidang kehidupan, tak kecuali dunia olahraga. Berbagai kegiatan olahraga prestasi di tanah air nyaris mati suri.

Menyiasati hal tersebut, Menteri Pemuda Olahraga Zainudin Amali menyiapkan sejumlah strategi. Dia antara lain mensinergikan olahraga dengan sains, wisata, dan industri. Dengan demikian tak cuma akan memperbaiki prestasi di bidang olahraga, melainkan juga ikut membangkitkan sektor wisata dan industri sekaligus.

"Haornas 2020 ini memang kita desain berbeda dengan haornas sebelumnya. Kami sepakat mendorong tiga tema sekaligus, yakni sport science, sport tourism, dan sport industry," kata Zainudin dalam wawancara khusus dengan Detik.com di kantornya, Senin (7/9/2020).

Dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan, dia melanjutkan, penerapan sains dalam pembinaan olahraga kita jauh tertinggal. Akibatnya prestasi olahraga nasional cenderung mandeg bahkan terus merosot. Zainudin mengaku akan melibatkan perguruan tinggi dan berkolaborasi dengan kementerian terkait dan pihak swasta agar penerapan sains dalam pembinaan olahraga dapat berjalan secara intensif dan berkesinambungan.

"Tentu tidak bisa diterapkan ke semua cabang olahraga, secara bertahap kita akan selektif ke cabang olahraga prestasi yang prospektif untuk bertanding di olimpiade dulu," kata Zainudin.

Pembinaan para atlet, ia melanjutkan, tak cuma memperhatikan aspek fisik dan gizi sejak dini, tapi juga perkembangan kondisi kejiwaan mereka.

Selama pandemi, menurut Zainudin Amali, sektor wisata terdampak serius dan mempengaruhi pendapat daerah maupun nasional. Karena itu ke depan, cabang-cabang olahraga prestasi dapat digelar di daerah-dearah yang memiliki objek wisata memikat.

Dia optimistis hal ini tak terlalu sulit disinergikan mengingat banyak daerah di tanah air yang memiliki beragam objek wisata. "Jadi, mau maraton, bersepeda, golf, atau lainnya kita siap dan selama ini sebetulnya sudah ada agenda rutin," ujarnya.

Bagaimana kaitan olahraga dengan industri? Kenapa dia lebih suka menyiapkan grand design olahraga nasional ketimbang membuat prioritas cabang olahraga untuk meraih prestasi tertentu?

Selengkapnya, saksikan Blak-blakan Menpora Zainudin Amali dalam rangka peringatan Hari Olahraga Nasional ke-37, "Bangun Pondasi - Raih Prestasi" di detik.com pada video di bawah ini, Rabu (9/9/2020).

[Gambas:Video 20detik]









(ddg/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com