detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 18 Sep 2020 17:37 WIB

6 Teknik Dasar Bola Voli dan Penjelasannya secara Lengkap

Puti Yasmin - detikSport
Bangun Tjipta Sarana kembali menunjukan komitmennya untuk mendorong kemajuan dunia olahraga nasional khususnya di cabor bola voli putri. Foto: Istimewa/Ilustrasi 6 Teknik Dasar Bola Voli dan Penjelasannya Lengkap
Jakarta -

Olahraga bola voli termasuk permainan yang populer di Indonesia. Namun, ada beberapa peraturan hingga teknik dasar bola voli yang harus dipahami sebelum bermain.

Pengertian bola voli sendiri adalah permainan beregu bola besar di mana setiap regu terdiri dari 6 pemain. Aturan permainan dilakukan di lapangan berbentuk persegi panjang dan dipisahkan oleh net atau jaring.

Berikut teknik dasar bola voli dan cara melakukannya dikutip dari buku 'Pendidikan Jasmani' terbitan Grafindo:

1. Teknik Dasar Passing Atas

Teknik ini bisa dilakukan dengan sikap normal dan setinggi muka. Pada teknik passing atas setinggi muka bisa dilakukan bersamaan dengan sikap normal, guling ke samping, meloncat, hingga setengah guling ke belakang.

2. Teknik Dasar Passing Bawah

Passing bawah bisa dilakukan dengan satu tangan maupun dua tangan. Dengan kedua cara tersebut bisa digabungkan dengan sikap normal, guling ke samping, terjun ke depan, maupun setengah guling ke belakang.

3. Set Up

Set up atau mengumpan (memberikan bola pada teman) bisa dilakukan dengan beberapa teknik, yakni ke depan, ke belakang, dan ke samping (kanan atau kiri), Sementara itu, berdasarkan tinggi bola dari net bisa dilakukan secara normal, medium, dan low.

Sedangkan, posisi set up berdasarkan arah bola dengan net bisa dilakukan dengan sejajar, vertikal, hingga diagonal.

4. Teknik Dasar Smash

Teknik ini juga dikenal dengan spike dan dibagi menjadi beberapa kelompok, yakni berdasarkan gerakan bola ada silang dan lurus, berdasarkan pemberian set up ada open smash, semi smash, quick smash, push smash, dan pool straight smash.

Selain itu, ada juga berdasarkan kurva bola, yakni drive smash, top spin smash, lob smash serta berdasarkan saat awalan ada tanpa awalan, dengan awalan, dengan satu kaki, hingga dengan dua kaki.

5. Teknik Dasar Servis

Berdasarkan arah putaran bola, ada teknik top spin, back spin, inside spin, outside spin, dan float. Kemudian, berdasarkan servis tangan bawah ada back spin, outside spin, inside sin, cutting underhand, dan floating overhead.

Selain itu, berdasarkan servis atas ada tennis servis, floating overhead, inside spin, outside spin, round house overhead, slinder floating overhead, drive overhead, dan bongarian overhead.

6. Teknik Dasar Block

Block dilakukan untuk membendung serangan bola yang datang. Berdasarkan gerakan, blok dibagi menjadi aktif dan pasif. Sedangkan berdasarkan jumlah dikelompokkan menjadi satu oran, dua orang, dan tiga orang.

Selamat mempelajari teknik dasar bola voli ya!



Simak Video "Perkenalkan! Xpander dan Xpander Cross Spesial Bernuansa Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com