detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 04 Okt 2020 18:10 WIB

Surat Izin Ditarik Kepolisian, Kejurnas Pacuan Kuda 2020 Batal Digelar

Mercy Raya - detikSport
Kejurnas Pacuan Kuda Surat Izin Ditarik Kepolisian, Kejurnas Pacuan Kuda 2020 Batal Digelar (Humas KONI Pusat)
Jakarta -

Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Pordasi 2020 yang memperebutkan Piala Presiden dibatalkan. Kepastian itu setelah pihak kepolisian menarik kembali surat izin yang sudah dikeluarkan.

Kejurnas rencananya berlangsung di Lapangan Pacuan Kuda Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, mulai Senin (5/10/2020). Adapun Polda Daerah Istimewa Yogyakarta telah memberikan surat izin rekomendasi untuk menggelarnya pada 19 Agustus lalu.

Akan tetapi, surat izin berkegiatan bernomor: B/SI/70/VIII/YSN.2.1/2020/INTELKAM itu ditarik kembali karena mempertimbangkan pandemi COVID-19.

Polda DIY kemudian mengirimkan kembali surat kepada Pengda Pordasi DIY pada 30 September dan meminta agar Kejurnas Pacuan Kuda itu dibatalkan sampai situasi dinyatakan aman dari pandemi Corona.

"Ditintelkam Polda DIY untuk sementara waktu tidak menerbitkan/mengeluarkan rekomendasi maupun surat izin keramaian serta surat tanda terima pemberitahuan. Terhadap surat izin yang sudah dikeluarkan tersebut ditarik kembali dan dinyatakan tidak berlaku," tulis surat tersebut seperti dikutip detikSport.

Kejurnas Pacuan Kuda(Humas KONI Pusat)

Ketua Umum PP Pordasi, Triwatty Marciano, maklum tapi sekaligus menyayangkan karena keputusan dikeluarkan secara mendadak. Ia baru mengetahui adanya kabar penarikan izin pada 1 Oktober.

"Yang teramat disayangkan pembatalan dilakukan beberapa hari sebelum pertandingan penyisihan Seri 1 pada 5 Oktober," kata Triwatty.

Ia juga kecewa karena persiapan penyelenggaraan sudah nyaris 100 persen. Bahkan sudah ada sekitar 150 kuda dari 58 klub yang tersebar di 15 Pengurus Provinsi/Pengurus Daerah Pordasi tiba di Yogyakarta.

"Tak hanya sudah siap, seluruh kuda bahkan sudah diukur tingginya pada 30 September lalu," sesalnya.

"Tapi karena ini kebijakan pemerintah diarahkan pada sesuatu yang baik maka kita harus mematuhi kebijakan pemerintah," ujar Triwatty.

Kejurnas Pacuan Kuda(Humas KONI Pusat)

Selain Kejurnas Pordasi ke-54 tersebut, ada dua event lain yang juga ikut dibatalkan. Antara lain Open Race Sri Sultan Hamengkubuwono X Cup dan Open Race Sawah Lunto XIV 2020 yang rencananya digelar antara November atau Desember mendatang.



Simak Video "Nonton Pacuan Kuda di Dalam Lintasan, Sejumlah Orang Ditabrak"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com