detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 05 Okt 2020 14:33 WIB

Sembilan Venue PON Diresmikan Bulan Ini, Penegas Kesiapan Papua

Mercy Raya - detikSport
Arena Aquatic PON Papua Arena Aquatic PON Papua. (Foto: Dok. Waskita Karya)
Jakarta -

Sebanyak sembilan venue untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 bakal diresmikan 20 Oktober mendatang. Peresmian itu sebagai indikator kesiapan Papua menggelar ajang olahraga multiajang tersebut.

Venue-venue itu ialah lapangan menembak outdoor, lapangan sofbol dan bisbol di Uncen dan Auri Sentani, GOR STT GIDI, Stadion Papua Bangkit berubah nama menjadi Stadion Lukas Enembe, venue aquatik, Istora, menembak indoor, voli, lapangan tenis, dan venue futsal di Kabupaten Mimika.

"Venue itu akan diresmikan oleh Bapak Gubernur (Lukas Enembe) pada 20 Oktober nanti," kata pelaksana tugas Kadisorda Papua, Alexander K.Y Kapisa, dalam laman PON.

Dengan telah siapnya venue pertandingan itu, sebut Alexander, maka secara keseluruhan infrastruktur pembangunan venue sudah siap 100 persen. Saat ini, Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat tinggal menyelesaikan penataan kawasan.

"Kami dari Dinas Olahraga dan Pemuda lebih pada kesiapan peresmiannya, kalau dari sisi acaranya disiapkan oleh PB PON, tapi pada peresmian nanti ada uji coba tim sepak bola PON melawan Persipura Jayapura," ujarnya.

Sementara itu, peresmian venue PON Papua akan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Tujuannya, agar kegiatan yang akan dipusatkan di Stadion Papua Bangkit yang akan berganti nama menjadi Stadion Lukas Enembe tidak terjadi klaster baru penyebaran Corona.

"Karena ini kerjanya pemerintah, gaungnya pemerintah jadi harus menerapkan protocol kesehatan ketat yang menjadi tujuan dari keinginan kita bersama," kata Sekretaris Umum PB PON XX Papua, Elia Loupatty, terpisah.

PON Papua bakal berlangsung pada Oktober 2021. Awalnya ajang ini dijadwalkan 20 Oktober sampai 2 November tahun ini, tapi harus mundur karena imbas pandemi virus Corona. Ajang multiajang itu akan mempertandingkan 37 cabang olahraga, 56 disiplin, dan 679 nomor pertandingan.

(krs/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com