detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 20 Nov 2020 21:53 WIB

Kejuaraan Ketahanan Rally DuraCore IERC Telah Dimulai Hari Ini

Muhammad Robbani - detikSport
Duracore IERC 2020 Kejuaraan Ketahanan Rally DuraCore IERC Telah Dimulai Hari Ini (DuraCore IERC)
Jakarta -

Duracore IERC 2020 telah dimulai, Jumat (20/11/2020). Rider asing sampai Fathir Muchtar dan selebritis Darius Sinathrya antusias menjadi salah satu pesertanya.

DuraCore IERC (Indonesia Enduro Rally Championship) merupakan kejuaraan balap ketahanan rally ini mengambil rute yang bermula dari Gunung Kelud, Kediri menuju Bromo-Arjuno, Malang. Event ini akan berlangsung selama tiga hari, tepatnya pada 20-22 November 2020.

Adapun total pesertanya adalah 50 tim nasional dan 50 individu. Doni Tata adalah salah satu profil besar yang ikut meramaikan event ini.

Duracore IERC 2020(DuraCore IERC)

Di hari pertama, peserta menempuh rute Gunung Kelud, Kediri, menuju Batu dengan jarak sejauh 180 KM yang diperkirakan ditempuh dalam 7-10 jam. Semua peserta telah mendapat panduan rute yang dibagikan sehari sebelum keberangkatan.

Jalur ini baru disosialisasikan kepada peserta pada H-1 sebelum balapan hari pertama. Ini lah tantangan yang disiapkan penyelenggara agar menjadi tantangan menarik buat para pesertanya.

"Kami telah menyiapkan rute dengan waktu yang ditentukan. Berbeda dari tahun sebelumnya, IERC 2020 rute Gunung Kelud-Bromo Arjuno. Jauh lebih menantang dan sangat membutuhkan endurance lebih besar," kata Ketua Pelaksana IERC 2020 Edi Kampang, dalam rilisnya.

"Motornya bebas, ada yang menggunakan standar, ada yang special engine. Soal pembalap asing dan lokal, secara skill mungkin rider asing lebih hebat, namun rider-rider lokal diuntungkan dengan lebih menguasai medan khas Indonesia," ujarnya menambahkan.

Duracore IERC 2020(DuraCore IERC)

Selain itu juga terdapat rute misterius yang baru didapatkan peserta hari ini. Hal ini diharapkan akan menantang para peserta karena mereka tidak tahu akan melewati tantangan apa di jalan selama menyelesaikan estafet pertama ini.

Di event Diracore IERC 2020 ini, peserta terdiri dari 50 tim elit nasional dan 28 peserta individual. Ada juga 3 rider perempuan dalam kelas individual yang mengikuti Duracore IERC 2020.

Mereka adalah Irma Ferdiana (Jember), Cha (Banjarbaru), Errin (Banjarbaru). Juga ada rider dari luar negeri yakni Francois Touraille, Gilson Gregg, Xhef Cedric dari Perancis.

Selain Darius, ada juga Fathir Muchtar dari kalangan selebritis. Gelaran kali ini bukan yang pertama karena ia juga sempat ikut IERC edisi tahun sebelumnya.
Pada edisi 2019, Fathir juga mengikuti IERC 2019 yang mengambil jalur dari Banyuwangi menuju Bromo. Pada gelaran Duracore IERC 2020 ini, salah satu rekan yang dulu satu tim dengannya, yakni Darius memutuskan untuk ambil class individu.

"IERC adalah event berkelas level internasional, saya selalu mengikutinya. Saya berharap di Duracore IERC 2020 ini menemukan lebih banyak tantangan dibanding IERC 2019 lalu," tutur Fathir.

Duracore IERC 2020(DuraCore IERC)

Sementara rider asing, Greg Hilson, datang dengan motivasi penuh siap membuktikan kalau motor CRF yang ditungganginya dapat bersaing di event kali ini.

Panitia menerapkan peraturan ketat dalam ajang ini sebagai upaya pencegahan virus corona. Peserta diwajibkan mengenakan masker, start di lapangan besar terbuka, pembatasan jarak antar tim. Disediakan juga tempat cuci tangan di beberapa titik, dan juga tersedianya hand sanitizer yang cukup banyak di beberapa titik lokasi.

(aff/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com