Chris John: Kepala Daerah Terpilih Harus Dukung Olahraga

Mercy Raya - Sport
Rabu, 09 Des 2020 19:35 WIB
Chris John memberi suara di Pilkada 2020.
Chris John memberikan suaranya di Pilkada 2020. (Foto: dok. KONI)
Jakarta -

Indonesia tengah menggelar pemilihan umum kepala daerah secara serentak, Rabu (9/12/2020). Sosok yang terpilih diharapkan yang peduli soal pembinaan olahraga Indonesia.

Demikian disampaikan legenda hidup tinju nasional, Chris John, yang juga Wakil IV Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat. Ia turut menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara di Semarang.

"Kelak siapapun yang menjadi walikota dan kepala daerah lainnya, saya harap mereka dapat mendukung pembinaan olahraga prestasi," kata Chris John dalam rilis yang diterima detikSport.

Mantan juara dunia tinju itu tak asal berharap. Ia merujuk pada Undang-Undang Nomor 3 tahun 2005 Sistem Keolahragaan Nasional pasal 12 ayat 2 yang mengamanatkan Pemda melaksanakan kebijakan dan koordinasi pembinaan serta pengembangan olahraga.

Terlebih, Indonesia akan banyak menggelar event olahraga pada tahun depan, mulai Piala Dunia 2021, Piala Asia Basket 2021, Piala Dunia Basket 2023, dan tengah berupaya memenangkan bidding tuan rumah Olimpiade 2032. Dengan demikian penting adanya peran dari pemerintah daerah untuk membantu menyukseskan pesta olahraga tersebut.

Termasuk membantu dalam menyiapkan atlet-atlet yang akan mengharumkan nama bangsa Indonesia dan mendukung jalannya kompetisi.

"Kompetisi itu bermanfaat untuk membentuk mental atlet karena mereka butuh pengalaman bertanding lebih banyak jika ingin menjadi juara. Selain itu kompetisi juga ikut meningkatkan gairah industri olahraga yang bermanfaat bagi masyarakat luas," ujar Chris.

Ia meyakini meskipun Indonesia tengah dirudung pandemi COVID-19 tapi pembinaan dan pengembangan olahraga dapat dilakukan dengan penerapan protokol yang ketat. Sebagai contoh, Equestrian Champions League (ECL), kejuaraan Esport Piala KONI 2020, dan Liga Baseball Game Education New Era yang berlangsung pekan lalu.

Tak hanya itu, Chris juga mengingatkan agar seluruh kepala daerah yang terpilih bisa memenuhi pasal 34 ayat 2 UU SKN tentang cabor unggulan. Pada ayat tersebut dituliskan bahwa pemerintah kabupaten/kota diwajibkan mengelola minimal sebuah cabor bertaraf nasional dan atau internasional.

"Di Indonesia semua kabupaten /kota yang berjumlah 514 dan di semua kabupaten/kota ada KONI, pelaku pembinaan olahraga. Itu adalah berkah dari besarnya jumlah penduduk Indonesia," kata Chris John menjelaskan.

"Jika seluruh kepala daerah dapat mendukung dan berkolaborasi dengan KONI setempat mengelola cabor unggulan maka probabilitas Indonesia memiliki atlet unggulan sangat besar."

"Untuk itu saya meminta kepada yang terhormat seluruh kepala daerah yang terpilih ataupun masih menjabat untuk menjalankan amanat tersebut. Termasuk menyediakan sarana dan prasarana memadai dengan standar nasional maupun internasional. KONI siap membantu pembangunan berstandar internasional," harap pria berusia 41 tahun itu.



Simak Video "Cerita Chris John yang Ingin Anaknya Jadi Atlet Wushu"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)