detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 21 Des 2020 19:43 WIB

Kemenpora Pakai Big Data Telkom Deteksi Calon Atlet Berkualitas

Erika Dyah - detikSport
Kemenpora Foto: Kemenpora
Jakarta -

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan PT. Telekomunikasi Indonesia (PT. Telkom) di Wisma Menpora, Kemenpora hari ini. Penandatangan dilakukan oleh Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto dengan Direktur Enterprise dan Business PT. Telkom, Edi Witjara dan disaksikan oleh Menpora Zainudin Amali.

Proses kerja sama ini dilakukan sebagai tindak lanjut arahan Presiden RI Joko Widodo dalam Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia untuk mengembangkan sistem informasi dan analisis big data yang dapat mendeteksi calon-calon atlet berkualitas.

"Perlu adanya data yang valid terkait keolahragaan di Tanah air. Dengan pemanfaatan informasi dan data yang dirangkum, maka nantinya akan mempermudah atau mendeteksi calon atlet yang berkualitas," kata Zainudin dalam keterangan tertulis, Senin (21/12/2020).

Lebih lanjut, Zainudin menyampaikan dengan penggunaan data ini, setiap stakeholder dan insan olahraga memiliki akses terhadap sistem data keolahragaan nasional. Setiap anak bangsa memiliki hak yang setara untuk berprestasi di bidang olahraga dengan berpartisipasi aktif menjadi bagian satu data keolahragaan nasional.

Dukungan teknologi sistem informasi yang sedang diupayakan dalam sistem satu data keolahragaan nasional diharapkan mampu meningkatkan prestasi olahraga Indonesia. Ke depannya, cabang olahraga juga dirancang akan bisa mengajukan proposal menggunakan sistem online.

Kerja sama ini diharapkan dapat diperluas ke bidang kepemudaan. Hal ini disambut baik oleh Direktur Enterprise dan Business PT. Telkom, Edi Witjara dia mengatakan penting membangun ekosistem olahraga.

"Saat Haornas beberapa lalu, saya ingat bahwa pentingnya membangun ekosistem keolahragaan di Indonesia, termasuk juga mendigitalisasikan sistem yang ada. Kami komitmen melakukan itu karena Telkom sudah punya banyak pengalaman di bidang digitalisasi untuk dapat memudahkan semua," ungkap Edi.

(mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com