Sean Gelael Tinggalkan F2, Gabung World Endurance Championship

Mohammad Resha Pratama - Sport
Jumat, 08 Jan 2021 06:00 WIB
Sean Gelael bareng Stoffel Vandoorne dan Tom Blomqvist gabung JOTA di World Endurance Championship 2021
Sean Gelael akan tampil di balapan ketahanan (WEC) 2021 (Istimewa-Getty Images)
Jakarta -

Sean Gelael takkan berkiprah lagi di F2 tahun ini. Pria asal Indonesia itu akan beralih ke balapan ketahanan, yakni FIA World Endurance Championship (WEC).

Sean menghabiskan F2 2020 bersama DAMS. Tapi, kariernya tidak berlangsung mulus karena cuma finis di posisi ke-21 dengan torehan tiga poin dan sempat absen lama karena cedera punggung.

Secara keseluruhan karier Sean di F2 biasa-biasa saja sejak debutnya pada 2017, dengan pencapaian terbaiknya di posisi ke-15 pada 2017 dan 2018. Empat tahun di F2 dirasa sudah cukup setelah bermukim di empat tim.

Maka dari itu Sean memutuskan meninggalkan F2 tahun ini dan dia akan tampil di ajang FIA yang lainnya, yakni World Endurance Championship (WEC). WEC adalah lomba ketahanan mobil yang digelar di beberapa sirkuit ternama, salah satunya yang paling dikenal adalah 24 Hours of Le Mans di Prancis dan 1.000 Mil di Sebring, Florida, AS.

Bagi Sean, WEC bukan ajang baru karena dia pernah ikut Asian Le Mans Series pada 2015 dan 2016 dengan meraih kemenangan di Sepang (Malaysia) dan Buriram (Thailand). Dia juga pernah naik podium di ajang 6 Hours of Shanghai di China pada 2016.

Sean akan bergabung dengan salah satu tim elite di WEC, JOTA asal Inggris. Pebalap 24 tahun itu akan ditemani dua sahabat karibnya Stoffel Vandoorne (Belgia) dan Tom Blomqvist (Inggris).

"Saya sangat senang menatap 2021 ini. JOTA adalah tim dengan reputasi luar biasa dengan pmebalap dan prestasi yang mengagumkan. Saya senang bisa menjadi bagian dari sejarah itu dan berharap bisa sama berprestasinya dengan para pebalap JOTA lain. Saya berharap, saya, Tom, dan Stoffel bisa melakukan sesuatu yang spesial di musim ini sehingga nama JOTA selalu ada di barisan pemenang seperti selama ini," ujar Sean dalam rilis kepada detikSport.