detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 16 Jan 2021 08:32 WIB

Robert Saleh, Pelatih Muslim Pertama di NFL

Yanu Arifin - detikSport
robert saleh new york jets nfl the national football league New York Jets merekrut Robert Saleh sebagai pelatih kepalanya. (Foto: Instagram @nyjets)
New York -

The National Football League (NFL) mencatat sejarah baru. Liga itu kini punya pelatih muslim pertamanya, yakni Robert Saleh.

Saleh didapuk menjadi pelatih kepala New York Jets. Ia naik jabatan, dari sebelumnya menjabat sebagai koordinator pertahanan di San Francisco 49ers.

Saleh menggantikan posisi Adam Gase, yang dipecat Jets pada 3 Januari lalu. Naiknya Saleh menjadi sejarah baru di NFL.

Dilansir Marca, Robert Saleh menjadi orang Muslim pertama yang memegang peran pelatih kepala di tim NFL dalam sejarah. Sebelumnya, tak pernah ada Muslim yang memimpin tim futbol di AS.

Saleh juga akan menjadi orang ketiga asal Arab yang menjadi pelatih kepala NFL. Sebelumnya ada Abe Gibron di Chicago Bear dan Rich Kotite di Philadelphia Eagles.

Saleh, 41 tahun, merupakan keturunan Lebanon dan lahir di Michigan. Kariernya di NFL ia mulai sejak 2002, atau pascainsiden 11 September 2001 di Gedung World Trade Center.

Ketika itu, Saleh punya anggota keluarga yang selamat dari peristiwa itu. Hal itu mendorong Saleh mengejar mimpinya melatih di klub NFL.

[Gambas:Instagram]

Setelah 16 tahun pengalaman menjadi bagian tim-tim seperti Houston Texans, Seattle Seahawks, Jacksonville Jaguars dan 49ers, Saleh sekarang menjadi pelatih kepala Muslim pertama dalam sejarah NFL.

Kini, Saleh dihadapkan pada tugas berat. Ia harus bisa membawa Jets ke tempat play-off pertama mereka dalam satu dekade, dan Superbowl pertama mereka sejak 1968.

(yna/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com