detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 28 Jan 2021 13:43 WIB

Wismoyo Arismunandar Meninggal Dunia, KONI Ikut Berduka

Tim detikcom - detikSport
Wismoyo Arismunandar Wismoyo Arismunandar Meninggal Dunia, KONI Ikut Berduka. (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Wismoyo Arismunandar meninggal dunia pada hari Kamis (28/1/2021) ini, meninggalkan duka di Indonesia. Termasuk di dunia olahraga.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar meninggal dunia pada dini hari tadi. Dalam kariernya, almarhum juga dekat dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

"Semoga almarhum diampuni dosa-dosanya dan diterima amal ibadahnya serta mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT," ucap Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman.

"Bagi keluarga yang ditinggalkan, semoga diberikan kekuatan dan ketabahan, Amin," sambungnya, mewakili masyarakat olahraga prestasi, setelah mengetahui kabar Wismoyo Arismunandar meninggal dunia.

Melansir lebih jauh laman resmi KONI, Wismoyo Arismunandar adalah Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat yang ketiga. Ia menempati posisi tersebut setelah Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Jenderal (Purn.) Surono.

Wismoyo Arismunandar memimpin KONI Pusat selama dua periode yakni pada 1995-1999 dan 1999-2003. Periode pertamanya menempati posisi itu dijabat ketika masih menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD).

Salah satu peninggalan penting Wismoyo Arismunandar semasa era kepemimpinannya di KONI Pusat adalah Lagu Mars Patriot Olahraga, "yang mana hingga saat ini terus dikumandangkan pengurus, pembina hingga atlet pada berbagai kegiatan."

Disebutkan lebih lanjut, semangat yang digelorakan Mars Patriot Olahraga diharap memberikan atlet motivasi ekstra dalam mengejar prestasi olahraga. Lagu Mars Patrio Olahraga sendiri diciptakan oleh Melky Goeslaw sedangkan liriknya oleh Wismoyo.

Di KONI Pusat, Wismoyo Arismunandar juga akan dikenang sebagai sosok gigih. Itu tak lepas dari perjuangannya ketika merasakan terbatasnya dukungan dana.

"Sebagai solusi, Wismoyo mengundang para pengusaha besar ke Gedung KONI Senayan. Para pengusaha diharapkan berkontribusi dalam pembinaan olahraga prestasi tanah air," sebut laman resmi KONI.

Tak cuma itu, Wismoyo Arismunandar juga menyiapkan Program Garuda Emas yang berhasil mengantarkan Indonesia melanjutkan tradisi emas di Olimpiade Sydney tahun 2000 dan peringkat 14 Asian Games XIII di Busan, Korea Selatan tahun 2002.

"Ada pula prestasi di tingkat Asia Tenggara seperti Juara Kedua SEA Games XVIII Chiang Mai tahun 1995, Juara SEA Games XIX di Jakarta tahun 1997, Juara Ketiga SEA Games XX Bandar Seri Begawan tahun 1999, Juara Ketiga SEA Games XXI Kuala Lumpur tahun 2001."

Wismoyo Arismunandar meninggal dunia di Rumah Sakit Pondok Indah pada pukul 4:29 WIB dini hari tadi. Rencananya, jenazah akan diberangkatkan ke Solo pagi ini untuk dimakamkan.

(krs/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com