detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 21 Feb 2021 01:37 WIB

Asian Le Mans: Sean Gelael Menang Lagi

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Sean Gelael menangi race keempat Asian Le Mans Series, Sabtu (20/2/2021) Sean Gelael tutup Asian Le Mans Series 2021 dengan kemenangan. (dok.Sean Gelael)
Abu Dhabi -

Sean Gelael menutup kiprahnya di Asian Le Mans Series 2021 dengan mantap. Pebalap Jota Sport itu memenangi lagi balapan keempat di Abu Dhabi.

Sean memenangi race ketiga di sirkuit Yas Marina semalam. Berduet lagi dengan Tom Blomqvist, Sean harus turun lagi di race keempat, Sabtu (20/2/2021) malam WIB.

Mendapat suntikan moral usai kemenangan perdananya bareng Jota, Sean diandalkan lagi oleh tim mengingat Blomqvist belum fit usai kecelakaan saat sesi latihan bebas beberapa hari lalu.

Meski baru saja menjalani balapan 3,5 jam nonstop, Sean tetap memulai balapan pertama kali dari posisi ketiga. Apalagi rencana tim pun berubah, dari yang jatah balapannya hanya 1,5 jam, Sean diperpanjang jadi 2 jam.

Sempat tercecer ke posisi keenam usai start, Sean sempat naik ke posisi pertama berkat strategi pitstop Jota. Blomqvist mengambil alih balapan dan saat itu Jota tertinggal lagi.

Namun, Blomqvist mampu mengejar Rui Pinto yang mengendarai G-Drive #25 di urutan terdepan. Dari yang berselisih 18 detik, Blomqvist lantas menyalipnya dan memimpin balapan.

Ketika Sean mendapat giliran membalap, dia bahkan sempat unggul 35 sebelum dipangkas jadi 11 detik di pit stop terakhir. Momen itulah yang dimanfaatkan Franco Colapinto untuk mengejar Sean.

Pebalap Argentina itu memangkas jarak hingga di bawah satu detik di lap terakhir dan pertarungan dengan Sean dimulai. Sean harus bertahan dari serangan Colapinto.

Tapi, Sean akhirnya bisa mempertahankan posisi pertama dengan finis 0,4 detik di depan Colapinto. Sean menang lagi dan mengakhiri sesi Asian Le Mans dengan mantap.

Sean Gelael menangi race keempat Asian Le Mans Series, Sabtu (20/2/2021)Sean Gelael menangi race keempat Asian Le Mans Series, Sabtu (20/2/2021) Foto: dok.Sean Gelael

Meski Sean menang, Jota harus puas finis kedua di klasemen akhir LMP2 dengan 76 poin, selisih lima angka dari G-Drive #26 di posisi teratas.

"Pertarungan dengan Colapinto memang sengit, karena dia sangat cepat. Tapi kondisi saya yang lebih baik dibanding kemarin karena balapannya dipisah ikut menolong. Saya senang sudah mendapatkan chemistry dengan tim dan ini jadi modal bagus buat WEC (World Endurance Championship)," kata Sean dalam rilis kepada detikSport.

Setelah ini Sean akan balik ke Indonesia lagi untuk persiapan menghadapi FIA World Endurance Challenge (WEC). Sean Gelael, Tom, dan Stoffel Vandoorne akan tampil pada seri pertama di Portimao, Portugal, 4 April.

Klasemen Akhir LMP2
1. G-Drive #26 - 81poin
2. JOTA #28 - 76 poin
3. G-Drive #25 - 66 poin
4. Phoenix Racing #5 - 57 poin
5. Racing Team India #64 - 42 poin

(mrp/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com