Terima IMI, Ketum KONI Dukung Balap Motor Bebek Hidup Lagi

Mercy Raya - Sport
Selasa, 02 Mar 2021 15:50 WIB
Ketum PP IMI Bambang Soesatyo bertemu Ketum KONI Pusat MArciano Norman.
Ketum KONI Pusat, Marciano Norman, dan Ketum PP IMI, Bambang Soesatyo, bertemu untuk membahas kelanjutan balap motor bebek. (Foto: dok.KONI)
Jakarta -

Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman mendukung rencana Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) menghidupkan kembali balap motor bebek dalam waktu dekat.

Hal itu diungkapkan, Marciano saat menerima Ketua PP IMI Bambang Soesatyo di Kantor KONI Pusat, Senayan, Selasa (2/3/20221). Dalam pertemuan itu, Bamsoet, panggilan karib Bambang Soesatyo, dkk lebih dulu memaparkan sejumlah rencana-rencana mereka dalam empat tahun ke depan.

Bambang mengatakan IMI sedang membina sekitar 500 atlet baik balap mobil maupun motor. Tak hanya itu, mereka juga akan menjaring talenta dari berbagai kelas sosial, menyesuaikan amanah dari Presiden RI Joko Widodo guna mewujudkan itu. "IMI high class, bikin agar down to earth," kata Bambang dalam rilis KONI Pusat.

Rencananya, IMI juga akan menggelar 82 balap motor tingkat nasional, 56 balap mobil tingkat nasional, dan masing-masing dua balap tingkat internasional untuk motor dan mobil. Selain itu, mereka juga bakal menghidupkan kembali kompetisi motor bebek yang sempat mati suri.

Kompetisi itu sudah lama tak dihelat karena Indonesia sempat mendominasi podium sehingga peminat dari negara lain jadi sedikit, bahkan nyaris tak ada.

Merespons rencana-rencana itu, Marciano mendukung tapi dengan syarat. Artinya setiap kegiatan harus sudah mendapat izin dari pemerintah dalam hal ini Kemenpora, kepolisian, maupun Satgas COVID-19. Selain itu, pada pertemuan tadi juga diputuskan bahwa kompetisi akan diselenggarakan dengan berkolaborasi bersama KONI Pusat.

"Syarat yang disetujui pemerintah adalah menerapkan protokol kesehatan ketat, tanpa penonton, dan disiarkan secara langsung," kata eks Kepala BIN ini.

Sehubungan itu, Marciano juga mengharapkan IMI dapat berperan sebagai regulator berbagai event balap Indonesia. Sebab, aturan IMI Pusat akan menjadi rujukan digelarnya event-event olahraga motor dan mobil. "Saya optimistis melihat jajaran pengurus yang kuat olahraga bermotor akan maju," ucapnya.

Diketahui, IMI resmi dipimpin Ketua MPR RI Bambang Soesatyo pada Desember 2020. Saat itu, ia terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) periode 2021-2024. Kepengurusannya telah dilantik oleh KONI Pusat pada bulan lalu di salah satu hotel kawasan Senayan.



Simak Video "5 Calon Lokasi Balap Formula E di Jakarta, di Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)