Aprilio Perkasa Manganang Akan Aktif Lagi di Voli? Ini Kata KSAD

Deden Gunawan - Sport
Sabtu, 20 Mar 2021 10:30 WIB
Pengadilan Negeri Tondano memutuskan status jenis kelamin Serda Aprilio Perkasa Manganang berganti menjadi laki-laki. Aprilio terlihat bahagia dengan utusan tersebut.
Aprilio Perkasa Manganang Akan Aktif Lagi di Voli? Ini Kata KSAD. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa belum akan memberi lampu hijau Aprilio Perkasa Manganang untuk segera aktif kembali bermain voli. Andai mantan atlet voli wanita kebanggaan nasional itu menjadi pelatih pun belum akan diizinkannya.

"Kalau saya melihat, biar dia menyelesaikan dulu proses transisi ini," kata Jenderal Andika dalam program Blak-blakan yang tayang di detikcom, Sabtu (20/3/2021).

Pengadilan Negeri Tondano memutuskan status jenis kelamin Serda Aprilio Perkasa Manganang berganti menjadi laki-laki. Aprilio terlihat bahagia dengan utusan tersebut.KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa dan Aprilio Perkasa Manganang. Foto: Grandyos Zafna

Sebab setelah resmi mendapat penetapan dari Pengadilan Negeri Tondano terkait perubahan jenis kelamin dan nama, Aprilio alias Lanang masih harus menjalani operasi kedua. Setelah itu, dia pasti harus menjalani masa pemulihan fisik dengan baik. Tak cuma itu, secara kejiwaannya pun Aprilio pasti masih butuh waktu untuk melakukan penyesuaian diri.

"Jadi setelah pulih pun, tak mungkin dia bisa langsung switch. Ingat, dia sudah 28 tahun diperlakukan dan berada dalam ketidakberdayaan melawan apa yang orang lain nilai tentang dia, sekarang harus berubah. Menurut saya itu perlu waktu," papar Jenderal Andika Perkasa.

Untuk diketahui, di cabang bola voli Aprilio Perkasa Manganang pernah empat kali meraih gelar juara Proliga pada 2015, 2016, 2017, dan 2019 -- semasa masih dengan identitas Aprilia Manganang. Di level tim nasional, prestasi terbaiknya adalah meraih medali perak SEA Games 2017. Juga medali perunggu di SEA Games 2013 dan 2015. Aprilio Manganang memutuskan pensiun sebagai atlet voli pada 2020 setelah menderita cedera lutut pada 2019 yang membuatnya gagal tampil di SEA Games Filipina.

Kini, Aprilio masih tercatat sebagai anggota Korps Ajuda Jenderal di lingkungan Kodam Merdeka, Sulawesi Utara. Tapi setelah resmi menjadi lelaki sesuai putusan PN Tondano pada Jumat (19/3/2021), dia kemungkinan besar akan dipindah ke direktorat lain. Sebab KSAD Jenderal Andika dia akan lebih cocok di bidang yang lebih praktis ketimbang administratif seperti ajudan.

Melihat kepiawaiannya memasak, Jenderal Andika menilai Aprilio Perkasa Manganang akan lebih cocok ditempatkan di Direktoran Perbekalan dan Angkutan. Sebab di bagian ini ada seksi khusus masak-memasak yang juga banyak dilakukan prajurit lelaki.

"Saya akan kursuskan (memasak) biar benar-benar menjadi juru masak profesional. Kalau bisa yang sekelas Chef," kata Jenderal Andika.

Simak video 'Blak-blakan Aprilio, Jago Voli Jadi Koki Jenderal':

[Gambas:Video 20detik]



(ddg/krs)