detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 01 Apr 2021 09:00 WIB

Mengenal Catur 960 yang Dimainkan Irene Kharisma Vs GothamChess

Yanu Arifin - detikSport
irene kharisma sukandar levy rozman gothamchess catur Duel catur 960 Irene Kharisma vs Levy Rozman atau GothamChess. (Foto: Screenshot Twitch/irenesukandar)
Jakarta -

Woman Grandmaster Irene Kharisma Sukandar menghadapi International Master Levy Rozman atau GothamChess dalam duel catur 960. Varian catur apa itu?

Pertandingan Irene Vs GothamChess disiarkan di akun Twitch kedua pecatur, Rabu (31/3/2021) malam. Keduanya beradu catur di situs permainan catur online, Chess.com.

Irene vs GothamChess kemudian memilih beradu catur 960 atau permainan catur acak. Duel keduanya berimbang 2-2, karena sama-sama kesulitan dalam tempo permainan 3 menit tiap jalan itu.

Mengenai catur 960, varian catur ini merupakan pengembangan dari permainan catur itu sendiri. Grandmaster Amerika Serikat, Bobby Fischer, yang mengenalkannya.

Fischer pertama kali mengumumkan varian catur 960 di Buenos Aires, Argentina, pada 19 Juni 1996. Kreasi ini sendiri mulai dikembangkan Fischer, usai melakoni rematch dengan bebuyutannya, Boris Spassky, pada 1992. Alhasil, nama catur ini sendiri dikenal sebagai Fischer Random Chess.

Catur ini punya keunikan. Semua buah, yakni raja, menteri, gajah, kuda, dan benteng, ditaruh secara acak. Sementara pion tetap dipasang berjejer di depan.

Tetap ada aturan tersendiri dalam penempatan acak buah caturnya. Semisal, gajah atau peluncur harus ditempatkan di dua kotak beda warna, dan dua raja harus ditaruh di antara dua benteng, meski tidak harus bersebelahan.

Catur 960 dibuat Fischer, agar pecatur tidak bermain dengan hafalan teori pembukaan. Artinya, kreativitas sang pecatur diutamakan dalam memulai pertarungan di atas papan.

Dengan demikian, tidak akan ada yang diunggulkan sejak awal pembukaan, layaknya permainan catur normal yang biasanya memberi keuntungan pada pemain buah catur warna putih.

Pada 2008, FIDE atau Organisasi Catur Internasional, resmi memasukkan Catur 960 ke dalam Laws of Chess. Sementara kejuaran dunia pertama Catur 960 yang direstui FIDE digelar pada 2019.

Irene Kharisma sendiri sempat menjadi juara catur 960 di ajang SEA Games. Pecatur berusia 28 tahun itu meraihnya dua tahun lalu di Filipina.

Simak video 'GothamChess vs Irene Sukandar Malam Ini, Dukung Siapa?':

[Gambas:Video 20detik]



(yna/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com