Kejuaraan Dunia BMX Berlangsung di Sleman, Pentaskan 4 Kelas

Jauh Hari Wawan S - Sport
Sabtu, 10 Apr 2021 21:30 WIB
Indonesian Cycling Federation (ICF) menyelenggarakan balapan BMX perdana di masa pandemi COVID-19. Di Sleman, Yogyakarta, ICF BMX International Championship yang digelar.
Kejuaraan BMX digelar di Sleman. (Foto: detikcom/Jauh Hari Wawan S)
Sleman -

Indonesian Cycling Federation (ICF) menyelenggarakan balapan BMX perdana di masa pandemi COVID-19. Di Sleman, Yogyakarta, ICF BMX International Championship berlangsung.

Ajang balap sepeda yang diselenggarakan di Youth Center, Sleman ini juga memperebutkan poin UCI. Pada ajang yang berlangsung 10-11 April 2021, panitia menerapkan protokol kesehatan ketat untuk mencegah COVID-19.

"Di awal tahun kami sudah presentasi dengan pihak Kemenpora untuk memohon penyelenggaraan Yogyakarta International BMX dan kejuaraan BMX 2021, karena kita sedang mengejar poin olimpiade untuk para pembalap kita dan prosesnya sangat rumit. Kita harus berani menjamin dan mempresentasikan rencana kerja kita melakukan prokes di perlombaan," kata Panitia Penyelenggara yang juga Commisaire UCI, Pratomo Setyadi kepada wartawan, Sabtu (10/4/2021).

Ia menjelaskan, protokol kesehatan ketat dimulai dari sebelum pembalap dan ofisial masuk lintasan. Semuanya harus melalui proses swab test antigen. Bahkan usai race, semua juga harus swab antigen.

Selain itu, pembalap juga harus memakai masker sebelum dan sesudah balapan. Masker hanya dilepas saat akan start.

"Kita juga menempatkan pembalap dan ofisial kita tempatkan di satu tempat sehingga pembalap tidak keluyuran demi menjaga prokes kita," tegasnya.

Dalam kejuaraan kali ini dilombakan 4 kelas yakni Men Elite, Men Junior, Women Elite dan Women Junior. Tercatat ada 40 peserta dari seluruh Indonesia yang berpartisipasi dalam event kali ini.

"Peserta kita batasi maksimal 50 orang, kita mulai dari jumlah kecil kita mau lihat dari pembalap dan panitia dengan prokes ketat ini bisa menerapkan atau tidak. Kalau sudah bisa menjalankan dengan benar di bulan Juli kita akan melakukan skala yang lebih besar, mungkin 100 orang bertahap," paparnya.

Sementara itu, salah satu pebalap Muhammad Fauzan antusias dengan adanya balapan perdana. Pemuda 17 tahun asal Sumatera Utara yang merupakan juara nasional kelas Men Junior ini akhirnya mengikuti perlombaan lagi, setelah setahun tidak ada event balap sepeda.

"Setahun ini benar-benar tidak ada event, jadi saya cuma fokus latihan dan latihan saja. Ya alhamdulillah kemarin dapat juara nasional, dan sekarang ini mudah-mudahan juara lagi," ucapnya.

Event perdana balap sepeda BMX di DIY cukup menarik karena ada tiga penyelenggaraan berbeda dalam satu waktu. Jumat (9/4) ada kejuaraan bertitel ICF BMX National Championship untuk mencari juara nasional 2021. Kemudian, ICF BMX International Championship Round 1 pada hari ini dan ICF BMX International Championship Round 2 pada Minggu (11/4).



Simak Video "Polda DIY Kirim 100 Tabung Oksigen ke RSUP dr. Sardjito"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/bay)