detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 25 Apr 2021 23:16 WIB

IMI Ingin Kejuaraan Motocross MX dan GTX Segera Digelar

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Bambang Soesatyo, mendorong agar Kejuaraan Balap Motor Offroad Motocross dan Grasstrack (MX dan GTX) Internasional segera dilaksanakan. Ketua IMI Pusat Bambang Soesatyo saat menerima kunjungan para crosser nasional (dok.IMI Pusat)
Jakarta -

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Bambang Soesatyo, mendorong agar Kejuaraan Balap Motor Offroad Motocross dan Grasstrack (MX dan GTX) Internasional segera dilaksanakan.

Meski Indonesia masih dilanda pandemi virus corona, Bamsoet berharap kejuaraan itu bisa bergulir demi mengasah kemampuan pebalap nasional. Sebab, even olahraga praktis terhenti sepanjang 2020 karena pandemi.

Sebab, para pebalap tidak cukup dilahirkan dengan bakat saja, tapi mereka juga harus ditempa melalui pengalaman di atas sirkuit. Maka itu balap motocross dan Grastrack Internasional dianggap jadi arena pas untuk para pebalap.

Meski demikian, IMI Pusat memang belum menentukan kapan waktu perhelatan dua kejuaraan itu, karena harus membicarakan dengan banyak stakeholder termasuk pemerintah.

"Dengan banyaknya kejuaraan yang diikuti akan semakin mengasah talenta para pembalap MX dan GTX Indonesia," kata Bamsoet saat menerima pebalap MX dan GTX Indonesia di Jakarta, Sabtu (24/4/21) di kantornya.

MPRKetua IMI Pusat Bambang Soesatyo Foto: Dok. MPR

Hadir pada pertemuan itu antara lain Waketum Internasional dan event IMI Pusat, A. Judiarto, Juara Nasional GTX 5 kali beruntun, Risky Haka, Irwan Ardyansyah selaku Juara nasional motocross 7 kali, dan beberapa crosser muda berbakat seperti Daniel Tangka, Gerry Sena, Widya, Raffi, Noval, Nandar serta Anca.

Selain dua event itu, IMI rencananya akan menggelar event "Powertrack Yelow International Championship 2021" memperebutkan Piala Bergilir Ketua MPR RI. Bamsoet juga berpesan para pembalap terus mengasah kemampuan di tengah pandemi Covid-19.

"IMI sendiri telah menggelar beberapa kejuaraan balap mobil dan motor di sejumlah daerah agar para pembalap tetap bisa mengasah kemampuan.Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," sambung Bamsoet dalam rilis kepada detikSport.

Bamsoet juga menekankan pentingnya pembinaan usia dini untuk para pebalap motocross, sehingga IMI akan mengagendakan sejumlah kejurnas balap motor offroad, yakni IMI MX Championship serta IMI GTX Championship. Dua kejuaraan itu memang akan dihelat di sejumlah daerah di Indonesia.

IMI sengaja memisahkan dua kelas tersebut agar nantinya lebih banyak lahir pebalap berkualitas dari sana.

"IMI juga akan menggelar sebanyak mungkin kejuaraan balap roda dua dan roda empat, baik skala nasional ataupun internasional, agar kemampuan pembalap Indonesia terus terasah," tutup Bamsoet.

Simak juga 'Pelantikan Bamsoet Sebagai Ketua IMI':

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com