WEC 2021: Sean Gelael dan JOTA #28 Finis Ketiga di Belgia

Mohammad Resha Pratama - Sport
Minggu, 02 Mei 2021 06:16 WIB
2021 FIA World Endurance Championship
Spa Francorchamps
29th April - 1st May 2021 
Photo: Drew Gibson
Sean Gelael finis ketiga di FIA WEC seri Belgia (Drew Gibson/JOTA Sport)
Stavelot -

Sean Gelael dan tim JOTA Sport meraih hasil apik di seri perdana FIA World Endurance Championship (WEC) 2021. Sean berhasil naik podium ketiga.

Sean bersama dua rekannya Stoffel Vandoorne dan Tom Blomqvist di tim JOTA #28 melakoni balapan 6 Hours of Spa-Francorchamps, yang merupakan seri pertama dalam kalender WEC 2021.

Pada balapan kelas LMP2 yang berlangsung enam jam di sirkuit Spa, Sabtu (1/5/) malam WIB, Sean dkk. start dari posisi keenam. Vandoorne yang pertama turun tapi dia malah melorot ke posisi kesembilan karena kondisi trek.

Vandoorne mampu memperbaiki posisinya dan lantas naik ke urutan keempat. Sean lantas gantian mengemudikan mobil dua jam setelahnya dan sempat membawa JOTA #28 naik ke posisi ketiga.

Tapi, ban yang mulai aus serta perkembangan kondisi trek membuat posisinya melorot. Blomqvist mendapat jatah terakhir untuk menggebar mobil berbasis Oreca 7 tersebut.

Dia sukses mencatatkan fastest lap dan naik ke posisi kedua, menggeser JOTA #38. Tapi, Tom mendapat penalti karena menyenggol pebalap lain sehingga raihan finis keduanya harus turun ke posisi ketiga.

Jadi pemenang di seri Belgia ini adalah United Autosports USA. Meski kecewa gagal menang, JOTA #28 tetap memenuhi target podium dan Sean bersyukur mendapat berkah di bulan Ramadan ini.

"Alhamdulillah. Saya tidak menyangka bakal naik podium lagi karena mobil yang belum ideal dan lawan-lawan juga berat. Terima kasih buat Stoffel dan Tom, juga untuk seluruh tim JOTA yang hari ini sangat berbahagia karena meraih dobel podium," ujar Sean dalam rilis kepada detikSport.

Sean Gelael dkk. akan melakoni seri kedua WEC, yakni 8 Hours of Portimao, di Portugal 13 Juni.

(mrp/bay)