Temui Menpora, Perbakin Ungkap Target Masuk Final Olimpiade Tokyo

Erika Dyah - Sport
Selasa, 15 Jun 2021 21:00 WIB
Zainudin Amali
Foto: Kemenpora
Jakarta -

Menteri Pemuda dan Olahraga RI (Menpora) Zainudin Amali menerima kedatangan Ketua Umum Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin), Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto. Ia mengungkap kedatangan Ketum Perbakin bersama jajarannya dimaksudkan untuk melaporkan Kejuaraan Dunia Menembak ISSF World Cup 2021 di India beberapa waktu lalu.

Selain itu, lanjutnya, Ketum Perbakin juga melaporkan tentang rencana keterlibatan atlet Indonesia dalam sejumlah event internasional. Diketahui, atlet Indonesia akan mengikuti Kejuaraan Dunia Menembak di Kroasia dan ISSF Grand Prix Pistol dan Rifle 2021 pada September mendatang.

"Selain itu ketua umum dan beberapa pengurus menyampaikan kepada kami tentang upaya-upaya pembinaan prestasi di tengah-tengah pandemi dan juga apa yang sedang didorong oleh Perbakin di daerah-daerah," kata Amali dalam keterangan tertulis, Selasa (15/6/2021).

Sementara itu, Ketua Umum Perbakin, Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto mengatakan dirinya melaporkan pada Menpora bahwa salah satu atlet Perbakin berhasil meraih perunggu di Kejuaraan Dunia Menembak di India.

"Minggu depan mereka akan bertanding di Kroasia, sambil menyiapkan diri untuk bertanding di Olimpiade. Jadi dia (atlet) kembali dari Kroasia dia akan berangkat ke Olimpiade Tokyo pada bulan depan," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Sekjen Perbakin Firtian Yudit Swandarta menambahkan bahwa SSF Grand Prix Pistol dan Rifle 2021 September mendatang menjadi ajang uji coba untuk mempersiapkan Piala Dunia Menembak 2022 dengan Indonesia sebagai tuan rumahnya.

"Sebenarnya ini adalah uji coba kita juga untuk mempersiapkan Piala Dunia, kita dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia tanggal 8 sampai dengan tanggal 18 Februari tahun 2022," jelas Firtian.

Ia menilai kegiatan ini akan menjadi pengalaman yang paling berharga dan pertama untuk Indonesia, khususnya Perbakin. Sebab, kemungkinan untuk bisa menjadi tuan rumah akan datang 10 tahun atau 20 tahun lagi.

"Ini sejarah buat Perbakin, buat Indonesia karena pertama kali Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 2022," imbuhnya.

Lebih lanjut, ia mengungkap Perbakin menargetkan masuk final untuk cabang olahraga menembak di Olimpiade Tokyo 2021.

Mengingat adanya kesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia Menambak ini, Ia berharap dan mengaku tengah bernegosiasi agar di tahun 2022 nanti, tepatnya pada Februari, hal-hal terkait politik bisa diminimalkan. Hal ini juga ia harapkan untuk keberhasilan menuju Olympic Paris 2024.

"Jadi Perbakin menargetkan di Olimpiade nanti itu adalah masuk di final. Karena di final ini jadi delapan besar. Itu semua atlet yang masuk di delapan besar itu skornya menjadi nol semua dan atlet yang sudah mempersiapkan dirinya dengan mental yang kuat secara teknis maupun secara mental nya itu yang akan bisa menjadi juara di final nanti," pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam pertemuan ini Ketum Perbakin didampingi pula oleh Ketua Harian PB Perbakin Siswanto, Bendahara PB Perbakin, Mus Mulyadi, Manager Candi Christian. Hadir pula tiga atlet Perbakin yang dipersiapkan untuk ikut Olimpiade Tokyo 2021 di antaranya, Vidya Rafika, Audrey Zahra, dan Monica Daryanti.

(mul/mpr)