Tim Panahan Putra Indonesia Pastikan Lolos ke Olimpiade Tokyo

Okdwitya Karina Sari - Sport
Minggu, 20 Jun 2021 14:40 WIB
Foto combo (dari kiri atas, searah jarum jam) : Enam atlet panahan nomor recurve beregu putra dan putri Arif Pangestu, Alviyanto Bagas, Riau Ega Agata, Rezza Octavia, Diananda Choirunisa, dan Kusumawardani berlatih dalam Pelatnas Olimpiade di Lapangan Panahan Gelora Bung karno (GBK), Jakarta, Selasa (1/6/2021). Setelah memastikan dua atletnya yaitu Riau Ega dan Diananda Choirunisa lolos dalam nomor perorangan recurve di Olimpiade Tokyo, Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (Perpani) menargetkan menambah wakil di Olimpiade pada nomor recurve beregu putra maupun putri melalui tiket tersisa dari Kejuaraan Dunia Panahan di Prancis pada Juni ini.  ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Tim panahan putra Indonesia nomor recurve lolos ke Olimpiade Tokyo. (Foto: ADITYA PRADANA PUTRA)
Paris -

Tim putra panahan Indonesia memastikan lolos ke Olimpiade Tokyo setelah menuai sukses di turnamen kualifikasi terakhir di Piala Dunia Panahan 2021.

Tim panahan Indonesia itu terdiri atas Riau Ega Agatha Salsabila, Arif Pangesti, dan Alviyanto Bagas Prastyadi, yang tampil di nomor recurve. Tiket ke Olimpiade dipastikan setelah ketiganya menggasak Ukraina di semifinal dengan skor 6-0 (57-52, 56-52, dan 50-46) dalam pertandingan di Paris, Sabtu (19/6/2021).

Berkat hasil itu, Riau Ega dkk bergabung dengan tim Prancis dan Amerika Serikat untuk finis tiga besar di Piala Dunia Panahan 2021. Tim panahan Indonesia menyingkirkan 36 negara lainnya demi tiga tiket terakhir ke Tokyo.

"Saya merasa sangat senang. Saya sangat gembira bisa membawa Indonesia ke Olimpiade," kata Arif Pangestu yang dilansir dari Worldarchery.sport.

Dengan demikian tim recurve putra Indonesia akan melawan 11 negara lainnya di Olimpiade Tokyo pada Juli nanti. Lawan-lawan Indonesia itu adalah Australia, Amerika Serikat, Belanda, Britania Raya, China, India, Jepang, Kazakhstan, Korea Selatan, Prancis, dan Taiwan.

Keberhasilan tim recurve putra Indonesia lolos ke Olimpiade, berarti cabor panahan sudah memiliki tiga tiket untuk berlaga di kejuaraan multievent terbesar di dunia itu.

Sebelumnya, Indonesia lebih dulu mendapatkan tiket lolos ke Olimpiade dari nomor recurve individu putra melalui Riau Ega dan Diananda Choirunisa. Menyusul keberhasilan memenangi medali emas Asian Games 2018, yang turut menjadi ajang kualifikasi Olimpiade 2020.

Panahan Indonesia masih memungkinkan menambah satu jatah lagi di Olimpiade Tokyo melalui nomor recurve beregu putri di Piala Dunia Panahan 2021. Diananda Choirunisa, Titik Kusuma Wardhani, dan Rezza Oktavia baru akan tampil hari ini (20/6) waktu setempat.

Video Melihat Isi Kampung Atlet Jelang Olimpiade Tokyo:

[Gambas:Video 20detik]



(rin/cas)