Bamsoet Puji Pebalap Belia & Wanita yang Ikut Kejurnas Oneprix 2021

Khoirul Anam - Sport
Minggu, 20 Jun 2021 16:53 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo membuka putaran pertama Kejuaraan Nasional Oneprix Championship 2021. Acara tersebut diselenggarakan IMI bersama Oneprix Motorsport Manajemen (OMM) dan didukung TV One sebagai official broadcasting partner.

Bamsoet mengungkapkan, Nasional Oneprix Championship 2021 diikuti sekitar 40 tim balap dengan total pebalap mencapai 95 orang, dari usia 9 hingga 50 tahun yang turun di berbagai kelas kejuaraan.

"Antara lain Kelas Oneprix 1 atau OP1 (Kelas Expert Bebek 150cc Tune Up), Oneprix 2 atau OP2 (Kelas Novice Bebek 150cc Tune Up), dan Oneprix 3 atau OP3 (Kelas Rookie Bebek 150cc Standard). Sebagai wujud pembinaan talenta para pembalap belia, Kejurnas Oneprix kali ini juga menghadirkan pertarungan Kelas Oneprix 4 atau OP4 (ECU Standard), yang diisi para pembalap muda berusia dibawah 12 tahun. Salah satunya Abimanyu Bintang Fermadi yang berusia 9 tahun dari ARL MKO D45 Racing Team," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Minggu (20/6/2021).

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, dalam Kejurnas Oneprix kali ini mulai muncul pembalap wanita. Diwakili Aurelia Anjanie yang berusia sekitar 15 tahun dari Jasti Putra 43 Racing Team. Menurut Bamsoet, dia menjadi inspirasi bagi kaum wanita lainnya agar tidak takut terjun ke olahraga balap sekaligus menekankan bahwa olahraga balap milik semua gender.

"Aurelia Anjanie dan Abimanyu Bintang Fermadi menampilkan hasil cukup bagus dalam kualifikasi yang digelar kemarin sore. Aurelia yang turun di kelas Oneprix 3 mencatatkan waktu best lap sekitar 1 menit 86 detik, berada di posisi ke-15. Sementara Abimanyu yang turun di kelas Oneprix 4, mencatatkan waktu best lap sekitar 1 menit 2 detik, dan berada di posisi ke-2," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, penyelenggaraan Kejurnas Oneprix Championship 2021 menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Seluruh pembalap dan crew diwajibkan melakukan tes antigen sebelum memasuki arena balap. Tim dokter dan ambulans juga ikut memantau kejuaraan.

Adapun area gerbang terpisah disediakan untuk crew produksi dan crew pembalap Oneprix. Sementara itu, seluruh aktivitas administrasi dilakukan melalui online.

"Penyelenggaraannya juga diadakan tanpa penonton. Para pecinta olahraga motor bisa menyaksikannya melalui tayangan live di TV One maupun streaming melalui kanal YouTube Oneprix Motorsport," pungkas Bamsoet.

(ega/krs)