Indonesia Bisa Tambah Atlet dari Surfing di Olimpiade, Asalkan...

Mercy Raya - Sport
Selasa, 29 Jun 2021 19:55 WIB
January 16, 2020. Bali, Indonesia. Surfer ride on ocean wave. Professional surfing in ocean at waves
Ilustrasi surfing (Getty Images)
Jakarta -

Indonesia berpeluang menambah wakil dari cabang olahraga surfing di Olimpiade Tokyo. Hal itu dipastikan setelah I Ketut Agus Aditya Putra masuk sebagai alternatif atlet tampil di multievent empat tahunan tersebut.

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari yang menyampaikan hal tersebut, usai menerima surat resmi dari International Surfing Federation (ISF) beberapa waktu lalu.

Dalam surat tersebut, ISF menunjuk nama Ketut sebagai atlet pengganti jika ada atlet yang lolos berhalangan hadir. Penunjukkan itu juga tak lepas dari penampilan Ketut di Surf City El Salvador ISA World Surfing Games 2021. Saat itu, ia mencapai semifinalis.

"Ketut masuk di dalam daftar pengganti apabila ada atlet yang berhalangan bertanding di Olimpiade. Jadi dia tetap kami persiapkan dan diberangkatkan ke Tokyo," kata Okto kepada pewarta dalam jumpa persnya, Selasa (29/6/2021).

ISF sebelumnya telah menetapkan regulasi hanya 20 atlet saja yang berhak tampil di Olimpiade. Namun, mereka juga menetapkan atlet alternatif yang bisa turun di Olimpiade Tokyo jika peselancar yang lolos tak dapat tampil, seperti misalnya mengalami cedera, doping, terpapar COVID-19 dan sebagainya.

Dengan keputusan itu, maka surfing dipastikan membawa dua atlet. Sebelumnya, peselancar Rio Waida sudah mengantongi tiket Olimpiade Tokyo 23 Juli-8 Agustus mendatang.

Selain surfing, KOI juga tengah menunggu keputusan Federasi Internasional Senam terkait wildcard untuk pesenam Indonesia, Rifda Irfanaluthfi.

"Khusus untuk senam, kami masih menunggu kebijakan IF (International Federation) senam sampai minggu depan. Untuk itu, kami belum bisa memastikan keberangkatannya karena belum ada surat rujukan langsung," ujarnya.

Namun, sebut Okto, jika akhirnya ada penambahan atau perubahan dari jumlah 28 atlet maka pihaknya akan menyesuaikannya.

Sebelumnya, Indonesia sudah menetapkan daftar 28 atlet yang akan berlaga di Olimpiade. Mereka antara lain bulutangkis (11 atlet), angkat besi (5), panahan (4), atletik (2), rowing (2), menembak (1), surfing (1), serta renang (2).

(mcy/aff)