IMI Berduka, Promotor MXGP Indonesia Tutup Usia

Nurcholis Maarif - Sport
Kamis, 15 Jul 2021 16:53 WIB
Bambang Soesatyo
Foto: MPR
Jakarta -

Tokoh balap nasional yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum IMI Bidang Internasional dan Event Alfonsus Judiarto Tjitrasmoro tutup usia pada Selasa (13/) lalu. Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebut turut berduka cita atas wafatnya mantan Ketua IMI DKI Jakarta tersebut.

Menurut Bamsoet, almarhum telah mengabdikan hidupnya untuk kemajuan olahraga balap Tanah Air. Sehingga duka mendalam kepergian almarhum tidak hanya dirasakan keluarga, melainkan juga seluruh kalangan pecinta otomotif Indonesia.

"Pernah aktif sebagai crosser, Alfonsus Judiarto Tjitrasmoro kemudian menangani sejumlah event seperti motocross, powercross dan kejurnas speed offroad," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Kamis (15/7/2021).

"Berkat dirinya, pada tahun 2017 Indonesia bisa menjadi tuan rumah kejuaraan motocross dunia, MXGP. Bahkan sejak tahun 2018, dalam setahun Indonesia dipercaya menyelenggarakan MXGP sebanyak dua kali. Pada tahun 2021 ini MXGP rencananya akan digelar kawasan Borobudur pada 28 November 2021 dan di Bali pada 5 Desember 2021," jelas Bamsoet.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan karena kegigihannya memajukan olahraga otomotif di Indonesia, Alfonsus Judiarto Tjitrasmoro yang juga pernah menjabat sebagai Ketua IMI DKI Jakarta selama dua periode ini dikenal dengan panggilan Mr. Bond (kependekan dari James Bond). Selain MXGP, ia sukses menyelenggarakan berbagai event bergengsi.

"Seperti Indoprix National Championship, yang tidak hanya digelar di pulau Jawa, melainkan juga digelar di sirkuit luar pulau Jawa. Seperti Sirkuit Balipat Binuang di Kalimantan Selatan, hingga kejuaraan Powertrack Championship yang fenomenal karena menghelat 2 cabang olahraga IMI sekaligus yakni motocross dan grasstrack," jelas Bamsoet.

Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) ini menerangkan saat menjabat Ketua IMI DKI Jakarta pada tahun 2016, Alfonsus Judiarto Tjitrasmoro berhasil mengantarkan pebalap Indonesia, Rafid Topan Sucipto, berlaga di FIM CEV hingga Moto2.

Sebagai CEO PT Premium Motorindo yang mengurusi distribusi motor KTM dan Husqvarna di Indonesia, Alfonsus Judiarto Tjitrasmoro tidak hanya sekadar berjualan dan mencari profit, melainkan tidak lupa untuk selalu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan dan keamanan berlalu lintas.

"Di bawah kepemimpinan Alfonsus Judiarto Tjitrasmoro, PT Premium Motorindo Abadi menggandeng instruktur safety riding profesional, Joel Mastana, membuat KTM Riding Academy. Sebagai wadah mengedukasi masyarakat tentang berbagai hal seluk beluk mengendarai roda dua, agar selalu aman dan nyaman," pungkas Bamsoet.

(mul/ega)