Indonesia Targetkan 40 Besar di Olimpiade Tokyo 2020

Mercy Raya - Sport
Kamis, 22 Jul 2021 16:32 WIB
Ketua KOI Raja Sapta Oktohari.
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari (dok KOI)
Jakarta -

Indonesia mematok target menembus peringkat 40 besar dalam ajang Olimpiade Tokyo 2020. Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari yang menegaskan hal tersebut.

Okto, panggilan karib Raja Sapta Oktohari, mengatakan sejak grand desain olahraga nasional dibuat dan Olimpiade menjadi tujuan utama dalam pembinaan olahraga, pihaknya memang tak memprioritaskan jumlah dari perolehan medali emas, melainkan perbaikan peringkat Indonesia di antara negara-negara di dunia.

Pada edisi Olimpiade sebelumnya, kontingen Indonesia berhasil menempati peringkat 46 dunia usai meraih satu medali emas dan dua perak. Medali emas ditorehkan cabang bulutangkis dari sektor ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Sementara dua perak dipersembahkan lifter Sri Wahyuni di kelas 48 kg dan Eko Yuli Irawan di kelas 62 kg.

"Mudah-mudahan bisa naik enam peringkat ke atas, dari peringkat 46 (olimpiade 2016) menjadi peringkat 40," kata Okto dalam jumpa pers virtual, Kamis (22/7/2021).

Target itu bisa saja tercapai apalagi melihat keseriusan Indonesia yang berhasil mengirimkan 28 atlet dari 22 atlet yang ditargetkan. Padahal kualifikasi Olimpiade Tokyo berjalan dalam kondisi pandemi COVID-19.

"Jadi lebih baik dari yang kami rencanakan. Tapi itu tak membuat kami puas, karena dibandingkan negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia bisa mengirim 30 atlet, lalu Thailand 40 atlet, jadi di ASEAN sebenarnya kita masih di peringkat tiga," dia menjelaskan.

Untuk itu, sebut Okto, KOI akan terus mengawal pelaksanaan Olimpiade ini, termasuk kualifikasi Olimpiade empat tahun berikutnya. Sebab, perhitungan poin Olimpiade 2024 akan dimulai akhir Desember 2021.

"Jadi tidak ada kasus lagi atlet tak bisa ikut kualifikasi karena masalah teknis. Kami ingin semuanya berjalan dengan baik," tegas Okto.

Senada dengan Okto, Chef de Mission kontingen Indonesia Rosan P. Roeslani akan berupaya untuk mencapai target yang diharapkan pemerintah.

"Target pemerintah mencoba memperbaiki peringkat lebih baik dari pada di Rio de Janeiro 2016. Insya Allah bisa kami lampui apalagi apa yang sudah dipersiapkan berjalan dengan sangat baik dan matang. Mudah-mudahan dengan usaha maksimal, kami dapat mencapai hasil maksimal juga," ucap Rosan.

(mcy/aff)