Olimpiade Tokyo 2020 Resmi Dibuka

Lucas Aditya, Okdwitya Karina Sari - Sport
Jumat, 23 Jul 2021 22:00 WIB
Fireworks explode during the opening ceremony in the Olympic Stadium at the 2020 Summer Olympics, Friday, July 23, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)
Olimpiade Tokyo 2020 resmi dibuka lewat upacara pembukaan yang meriah. (Foto: AP/Kirsty Wigglesworth)
Tokyo -

Olimpiade Tokyo 2020 akhirnya resmi digulirkan. Upacara pembukaan berjalan cukup meriah di tengah pembatasan karena pandemi virus corona yang masih melanda.

Bertempat di Tokyo Olympics Stadium, Jumat (23/7/2021) malam WIB, pembukaan Olimpiade Tokyo berlangsung. Upacara diawali dengan teater seorang atlet berlari di threadmill dengan menggunakan atasan tracksuit.

Suguhan tarian, teater, dan kembang api menjadi sajian hiburan yang menyemarakan pembukaan Olimpiade edisi ke-32 ini.

Hadir dalam acara ini, Kaisar Jepang, Naruhito. Disambut oleh Pesiden IOC, Thomas Bach.

Dalam parade defile, Yunani yang pertama berjalan di lantai upacara pembukaan sebagai negara asal Olimpiade. Parade defile atlet diakhiri oleh tuan rumah Jepang.

Indonesia ada di urutan ke-22, dari total sebanyak 207 kontingen. Nurul Akmal dan Rio Waida menjadi pembawa bendera Indonesia saat upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020.

Pada acara itu, Rio Waida memakai pakaian adat Bali tempat dia tumbuh besar meskipun dilahirkan di Saitama, Jepang.

Lebih dari 11 ribu atlet ambil bagian di Olimpiade 2020, Indonesia mengirim sebanyak 28 atlet. Kontingen Merah Putih bertanding di 8 cabang olahraga dari 33 yang dipertandingkan.

Pembukaan Olimpiade kali ini berlangsung 'sunyi', tak ada penonton di tribune. Selain itu, jumlah defile kontingen perserta juga dibatasi.

Olimpiade Tokyo 2020 mengusung moto "Faster, Higher, Stronger, Together". Setelah parade defile berakhir, seremoni dilanjutkan dengan janji atlet, wasit, dan pelatih. Untuk janji atlet diwakili oleh dua atlet tuan rumah; Ryota Yamagata (atletik) dan Kasumi Ishiwawa (tenis meja) yang diucapkan dengan bahasa Jepang.

Seremoni dimeriahkan dengan pertunjukkan konfigurasi sekitar 1.800 drone di atas Tokyo Stadium yang membentuk emblem Olimpiade Tokyo 2020, dan bola dunia.

Team Indonesia during the opening ceremony in the Olympic Stadium at the 2020 Summer Olympics, Friday, July 23, 2021, in Tokyo, Japan. (Hannah McKay/Pool Photo via AP)Kontingen Indonesia di parade atlet dalam upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020. (Hannah McKay/Pool Photo via AP) Foto: AP/HANNAH MCKAY

Lagu 'Imagine' karya musisi legendaris John Lennon membahana di dalam stadion yang ditampilkan oleh koor Suginami Junior. Penyanyi-penyanyi top dunia seperti John Legend, Alejandro Sanz, dan Keith Urban bergabung dengan menyanyikan bagian lain dari lagu tersebut yang sudah direkam terlebih dahulu.

"Hari ini adalah sebuah momen dari harapan," ucap Presiden IOC Thomas Bach, yang berbicara setelah ketua penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 Seiko Hashimoto.

"Marilah kita menikmati momen ini karena pada akhirnya kita semua ada di sini, bersama-sama. Atlet dari 205 Komite Olimpiade Nasional dan tim Olimpiade Pengungsi IOC, bersama-sama di bawah satu atap di kampung Olimpiade."

"Ini adalah kekuatan pemersatu olahraga. Kita hanya bisa bersama-sama hanya karena Anda, tuan rumah kami yang ramah -- orang-orang Jepang, yang kami ingin menyampaikan penghargaan dan dukungan kami."

Kemudian Thomas Bach mengundang Kaisar Jepang Naruhito untuk mengumumkan bahwa Olimpiade Tokyo 2020 secara resmi telah dibuka. Seremoni berlanjut dengan pertunjukan pictogram seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan.

Pada pengujung acara petenis pemenang empat titel Grand Slam Naomi Osaka, menaiki podium lalu menyalakan api Olimpiade yang diikuti dengan pertunjukan kembang api yang menawan.



Simak Video "Sekelompok Kecil Aksi Protes Olimpiade Tokyo 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/bay)