Eko Yuli di Mata Juniornya: Rajin, Idola, Bikin Bangga!

Suparno - Sport
Senin, 26 Jul 2021 20:47 WIB
Silver medallist Indonesias Eko Yuli Irawan stands on the podium for the victory ceremony of the mens 61kg weightlifting competition during the Tokyo 2020 Olympic Games at the Tokyo International Forum in Tokyo on July 25, 2021. (Photo by Vincenzo PINTO / AFP)
Eko Yuli di Mata Juniornya: Rajin, Idola, Bikin Bangga! Foto: (AFP/VINCENZO PINTO)
Jakarta -

Atlet angkat besi Eko Yuli Irawan punya kesan sangat positif di mata para juniornya, di tempatnya berlatih di Sidoarjo, Jawa Timur.

Sebuah rumah di kawasan Perum Griya Mapan Sentosa Waru Sidoarjo menjadi tempat tinggal dan tempat latihan Eko Yuli Irawan sejak 2014 hingga akhirnya bergabung dengan PABSI Jawa Timur.

Di rumah sederhana milik Hirawan Halimana, seorang pelatih angkat besi, itulah Ika Puji Rahayu (20 tahun) lebih dari 2 tahun latihan bersama Eko Yuli Irawan. Ia bangga benar dengan prestasi sang senior yang baru saja meraih medali perak Olimpiade Tokyo 2020.


"Kami bersama dengan teman-teman sesama atlet angkat besi merasa bangga. Dan semoga mas Eko selalu membawa harum bangsa Indonesia," kata Ika di sela-sela latihan, Senin (26/7/2021).

Ia berharap prestasi teranyar Eko Yuli di Olimpiade Tokyo 2020 juga mampu menjadi pemacu para lifter junior dalam meraih prestasi membanggakan di ajang internasional.

Sebuah rumah di kawasan Perum Griya Mapan Sentosa Waru Sidoarjo menjadi tempat tinggal dan tempat latihan Eko Yuli Irawan sejak 2014 hingga akhirnya bergabung dengan  PABSI Jawa Timur.Sebuah rumah di kawasan Perum Griya Mapan Sentosa Waru Sidoarjo menjadi tempat tinggal dan tempat latihan Eko Yuli Irawan sejak 2014 hingga akhirnya bergabung dengan PABSI Jawa Timur. Foto: Suparno/detikcom

"Mas Eko itu rajin berlatih dan sangat baik dengan atlet juniornya. Bahkan sering memberikan contoh yang terbaik buat teman-teman," tambah Ika.

Hal yang sama disampaikan oleh Rafidias Erlangga (13). Pelajar kelas 8 SMP itu mengatakan bahwa Eko Yuli adalah sosok atlet yang patut dicontoh. Eko selalu baik dengan juniornya, meskipun rutin meraih prestasi.

"Mas Eko orangnya baik. Patut dicontoh, baik perilaku apalagi prestasinya. Beliau termasuk atlet angkat besi idolaku," jelas Rafidias yang mampu mengangkat barbel 1 kuintal ini.

Sementara itu Ketua Umum PABSI Jatim Jeffri Tagore ikut membahas prestasi Eko Yuli Irawan. Walaupun pemuda kelahiran Lampung itu awalnya ditargetkan emas, raihan medali perak Olimpiade Tokyo 2020 pun tetap membanggakan.

"Eko baru gabung di Jatim 2014 dan Eko adalah atlet kelahiran Lampung dan punya prestasi di level olimpiade dan awalnya hanya medali perunggu. Semenjak masuk jawa timur prestasinya luar biasa. Ia ditargetkan mendapatkan emas, meskipun hanya perak kami pengurus sangat bangga sekali," kata Jeffri.

"Semoga Pemprov Jatim memberikan bonus yang lebih buat Eko setiba di Tanah Air," tandas Jeffri

(krs/nds)