Lihat Aksi 2 Lifter RI Peraih Medali Olimpiade, Menpora: Ikut Deg-degan

Angga Laraspati - Sport
Rabu, 28 Jul 2021 19:24 WIB
Menpora Zainudin Amali mengukuhkan atlet-atlet yang siap mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Tokyo 2020.
Foto: dok. detikcom via screenshot
Jakarta -

Dua lifter asal Indonesia Windy Cantika Aisah dan Eko Yuli Irawan sukses meraih medali perunggu dan perak dari cabang olahraga angkat besi di Olimpiade Tokyo. Pencapaian ini juga membuat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali tak bisa menutupi rasa bahagianya.

Amali mengaku sempat deg-degan ketika melihat perjuangan 2 lifter Indonesia tersebut. Menurutnya, raihan nilai yang didapat hanya selisih sedikit dari para pesaingnya. Namun, pada akhirnya mereka bisa naik podium dan mendapatkan medali.

"Saya merasa apa yang ditunjukkan atlet kita ini sangat luar biasa, apalagi saat menyaksikan angkat besi. Saya ikut deg-degan (melihatnya). Selisihnya sangat sedikit awalnya," kata Amali dalam keterangan tertulis, Rabu (28/7/2021).

Meski sempat dibuat dag-dig-dug, Amali bersyukur akhirnya Windy Cantika dan Eko Yuli bisa bertahan secara mental, apalagi mereka bertanding di tengah pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah atlet kita bisa bertahan dan meraih medali. Tentu tidak mudah perjuangan mereka. Apalagi Windy Cantika, dia masih berusia 19 tahun dan baru ikut Olimpiade. Tentu tekanan besar yang dirasakan. Saya pas nonton agak tegang, dan alhamdulillah bisa dapat medali," ujarnya.

Windy Cantika berhasil meraih medali perunggu pada nomor 49 kg putri. Lifter masa depan Indonesia itu membukukan total angkatan 194 kg. Ia mengangkat 84 kg di angkatan snatch dan 110 kg pada angkatan clean and jerk.

Sementara itu, Eko Yuli yang tampil di kelas 61 kg meraih medali perak. Hasil ini diraihnya usai melakukan angkatan total 302 kg, dengan rincian snatch 137 kg, clean and jerk 165 kg. Amali pun mengucapkan terima kasih kepada para atlet yang berjuang di Olimpiade Tokyo.

"Pemerintah tentu memberi apresiasi kepada seluruh atlet. Perjuangan atlet yang sekarang bertanding di Tokyo ini sangat luar biasa, tidak mudah. Kita berikan fasilitas untuk mereka berlatih. Pemerintah tentu memberikan penghargaan serta apresiasi, supaya ada jaminan bagi mereka (kelak)," terang Amali.

Amali juga meminta untuk atlet yang masih berjuang di Olimpiade Tokyo agar terus fokus dan konsentrasi dalam pertandingan agar bisa merebut medali. Amali optimis tim Indonesia bisa memperbaiki peringkat pada Olimpiade kali ini.

"Kita harus lebih baik peringkatnya dari Olimpiade sebelumnya. Semoga cabang olahraga lainnya bisa ikut meraih medali. Mudah-mudahan target ini bisa tercapai. Kita menetapkan target untuk lebih baik bukan tanpa alasan. Tentu sudah ada hitung-hitungannya," jelas Amali.



Simak Video "Indonesia Kejar Target Peringkat 40 Besar di Olimpiade Tokyo 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)