Sprinter RI Alvin Tehupeiory Lolos ke Babak Utama 100 Meter Putri

Mercy Raya - Sport
Jumat, 30 Jul 2021 09:11 WIB
TOKYO, JAPAN - JULY 30: Alvin Tehupeiory of Team Indonesia reacts after competing in the Womens 100 metres Preliminary rounds on day seven of the Tokyo 2020 Olympic Games at Olympic Stadium on July 30, 2021 in Tokyo, Japan. (Photo by Ryan Pierse/Getty Images)
Alvin Tehupeiory Lolos ke Babak Utama 100 Meter Putri. Foto: Getty Images/Ryan Pierse
Jakarta -

Sprinter Indonesia Alvin Tehupeiory menjalani debut yang cukup mengesankan dengan lolos ke babak utama Olimpiade Tokyo 2020, usai mencatatkan waktu tercepat ketiga saat penyisihan.

Berlomba di Olympics Stadium, Jumat (30/7/2021), Alvin yang tampil di heat ketiga babak penyisihan nomor 100 meter putri berhasil mencatatkan waktu tercepat ketiga 11.89 detik. Ia berada di belakang Joella Lloyd dan Asimenye Simwaka.

Di babak utama Olimpiade Tokyo 2020, Alvin akan berlomba di heat kedua bersama dengan sprinter Jamaika Elaine Thompson-Herah dan sprinter Trinidad & Tobago Kelly-Ann Baptiste yang memiliki catatan waktu terbaik di bawah 11 detik, serta enam pelari lainnya yang juga tak kalah tangguh.

Dengan kesempatan itu, Alvin ingin menunjukkan kemampuan dengan mempertajam catatan waktu terbaiknya, 11.64 detik. Catatan waktu itu dibukukannya di Kejuaraan Nasional 2019.

"Di babak berikutnya, saya akan berusaha yang terbaik lagi dan akan berusaha memperbaiki rekor pribadi saya," kata Alvin Tehupeiory dalam keterangan tertulisnya.

TOKYO, JAPAN - JULY 30: Mazoon Al Alawi of Team Oman and Alvin Tehupeiory of Team Indonesia competes in the Women's 100 metres Preliminary Round heats on day seven of the Tokyo 2020 Olympic Games at Olympic Stadium on July 30, 2021 in Tokyo, Japan. (Photo by Christian Petersen/Getty Images)Aksi Alvin Tehupeiory di Olimpiade Tokyo 2020. Foto: Getty Images/Christian Petersen

"Jika Tuhan mengizinkan saya akan berusaha memecahkan rekor nasional milik Kak Irene (Truitje Joseph)," dia menambahkan.

Sebagai informasi, rekor Irene saat ini 11,56 detik. Catatan waktu itu ia bukukan di SEA Games Brunei Darussalam pada 20 Oktober 1999.

Nama Alvin sebenarnya bukan pilihan pertama saat Indonesia mendapatkan tiket tambahan melalui jalur universality place. Peraih medali perak nomor 100 meter gawang Asian Games 2018, Emilia Nova, menjadi kandidat utama. Tapi lantaran cedera, PB PASI pun mengalihkan tiket ini kepada Alvin.

Awalnya, juara nasional nomor 100 meter ini tidak menyangka terpilih untuk berlomba di Olimpiade. Tapi, Alvin bisa membalas kepercayaan yang diberikan dengan lolos ke babak utama.

"Saya sempat kaget juga karena saya tahu yang ikut Emilia karena juga juara SEA Games dan Asian Games, sementara saya baru menang di kejurnas. Puji Tuhan, keputusan PB PASI bahwa saya dipercaya ikut Olimpiade," ujar atlet asal Ambon ini.

Pelari kelahiran 5 April 1995 ini mengatakan telah menyiapkan diri semaksimal mungkin. Tapi Alvin Tehupeiory tak menepis rasa gugup jelang pertandingan kerap datang.

"Setiap orang pasti deg-degan apa lagi ini Olimpiade pertama yang saya ikuti. Tanggung jawab (tentu) lebih besar untuk mewakili atlet-atlet di Indonesia," ujarnya.

(mcy/krs)